Unduh Aplikasi

Jalan di Kecamatan Setia Tak Kunjung Diaspal

Jalan di Kecamatan Setia Tak Kunjung Diaspal
Kondisi Jalan di Kecamatan Setia. Foto: Julida Fisma

ACEH BARAT DAYA - Jalan terletak di Gampong Ujong Tanah, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan hingga kini belum pernah diaspal. Akibatnya warga setempat susah melintasi jalan dimaksud karena disepanjang badan jalan dipenuhi lubang dan kerikil tajam.

“Belum pernah di aspal sama sekali, sehingga badan jalan dipenuhi lubang dan kerikil tajam,” kata salah seorang warga setempat, Irwansyah kepada AJNN, Minggu (25/12).

Menurutnya, akses jalan yang dilalui warga setiap hari itu sudah sangat lama tidak diaspal sehingga berakibat fatal saat dilintasi oleh para pengendara.

“Memang sangat susah untuk di lalui, apalagi saat musim hujan badan jalan digenangi air dan saat musim kemarau dipenuhi debu saat dilitasi oleh kenderaan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Setia Riswandi membenarkan bahwa jalan tersebut diperkirakan sudah lama tidak diaspal, sementara dalam setiap agenda Musrembang ditingkat kecamatan, jalan tersebut selalu menjadi perioritas.

"Ya, benar sekali kalau jalan itu menurut sepengatahuan saya belum pernah dilakukan pengaspalan, padahal keberadaan jalan itu sangat berguna bagi masyarakat tapi masih jelek," ujarnya.

Riswandi menjelaskan, jalan tersebut merupakan akses menuju ke Jalan Nasional atau ke Gampong Lhang dan Mon Mameh. Padahal, kalau jalan itu sudah diaspal, maka akses warga ke jalan nasional atau ke pasar di kecamatan tidak terhambat lagi karena jalan sudah mulus.

Akan tetapi tambahnya, selama ini, kondisi jalan itu hanya nampak batu di badan jalan dan penuh lobang. Kalau musim hujan cukup sulit dilalui oleh masyarakat setempat.

"Sangat jelek jika dibandingkan jalan di gampong lain di Abdya," katanya.

Riswandi mengaku setiap mengadakan Musrenbang tingkat desa atau kecamatan. Masyarakat disana selalu membahas masalah jalan itu. Bahkan kata Camat, kini keberadaan jalan dimaksud sudah menjadi pekerjaan rumah baginya.

"Setiap pertemuan dengan masyarakat, jalan itu selalu dibahas. Kami sudah pernah mengusulkan tapi tidak ada hasilnya hingga sekarang," katanya.

Menurutnya, jalan sepanjang dua kilometer itu juga berada dalam kawasan pemukiman dan perkebunan warga. "Kalau pengaspalan memang belum pernah tapi kalau pengerasan ada memang," ujar Riswandi.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Sury Afrida ST yang dikonfirmasi beberapa kali, belum memberikan tanggapan, pesan singgkat yang dilayangkan juga belum ada balasan.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...