Unduh Aplikasi

Jalan Babahrot - Terangun Bakal Dibangun, Pedagang Ikan Mengaku Sangat Bahagia

Jalan Babahrot - Terangun Bakal Dibangun, Pedagang Ikan Mengaku Sangat Bahagia
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menggelar pertemuan dengan masyarakat Abdya. Foto: AJNN/Nazar Ahadi

ACEH BARAT DAYA - Pedagang ikan asal Abdya yang selalu melitas jalan Babahrot - Gayo Lues mengaku sangat bahagia saat mengatehui lintasan itu segera dibangun mulai akhir tahun ini.

"Kami dari Abdya menjual ikan secara eceran ke kampung-kampung di Gayo Lues. Setiap hari kami melintasi jalan ini," kata Syahrir dan teman seprofesinya Marhaban kepada wartawan di perbatasan Abdya - Gayo Lues.

Syahrir yang sudah 15 tahun menjual ikan di kawasan Gayo Lues menyebutkan, jarak yang ditempuh untuk mencapai Terangun dari Babahrot mencapai tiga jam karena jalan berlumpur tanpa aspal.

"Jika jalan sudah teraspal hanya butuh satu jam untuk sampai ke perbatasan Gayo Lues," sebut Syahrir.

Tak jarang mereka terpaksa menginap di jalan karena sepeda motor mereka tersangkut di lumpur.

"Kadang-kadang kalau musin hujan kami tidur di jalan sampai dua malam, karena tidak bisa lewat, belum lagi motor sering rusak karena jalannya hancur begini," jelas Syahrir.

Selain menjual ikan, mereka juga membeli cabai di wilayah Gayo Lues untuk kemudian dijual kembali di pasar Blangpidie.

"Sering juga cabai yang kami tumpah dijalan dan terpaksa kami kutip meskipun tidak semua," katanya.

Dikatakan Syahril, jalan Babahrot - Terangun merupakan lintas pertukaran ekonomi antar kabupaten.

Dia yakin jika nanti jalan itu selesai dibangun maka masyarakat lebih memilih berbelanja ke Blangpidie dibandingkan ke Blangkejeren karena aksesnya lebih dekat.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyebutkan, kunjungan kerja yang dilakukan sejak 11 September 2020 untuk memastikan ruas jalan yang masuk proyek tahun jamak benar- benar dibutuhkan masyarakat.

“Kehadiran saya di sini adalah guna memastikan ruas jalan yang masuk dalam program proyek tahun jamak benar-benar rusak dan harus segera dibangun,” katanya saat tiba di Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu malam, yang disambut Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, unsur Forkopimda setempat dan tokoh masyarakat saat menyambut kunjungan kerja dirinya ke daerah tersebut.

Selain itu, kata Nova, kehadirannya tersebut juga untuk memastikan bahwa kehadiran jalan tersebut untuk menghubungkan perekonomian serta meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

“Masyarakat di daerah ini telah menunggu sejak 32 lamanya untuk menikmati infrastruktur jalan yang representatif yang telah dicanangkan oleh para gubernur terdahulu,” katanya.

Komentar

Loading...