Unduh Aplikasi

Jaksa Resmi Ajukan Kasasi Atas Putusan Bebas Zulkifli H Adam dan Misman

Jaksa Resmi Ajukan Kasasi Atas Putusan Bebas Zulkifli H Adam dan Misman
Zulkifli H Adam melakukan sujud syukur saat divonis bebas beberapa waktu lalu. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Aceh telah resmi mengajukan kasasi atas putusan majelis hakim yang membebaskan mantan Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam dan mantan Sekretaris Dinas Pendikan, Misman dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk perumahan guru.

Kasipenkum Kejati Aceh, Munawal Hadi menyebutkan memori kasasi telah diserahkan atau dikirim ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Baca: Divonis Bebas, Mantan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam Sujud Syukur

"Memori kasasinya sudah kita serahkan tanggal 2 Maret 2020 ke Mahkamah Agung melalui PN Banda Aceh," kata Munawal, Selasa (10/3).

Dalam memori kasasi, JPU meminta Hakim Mahkamah Agung untuk membatalkan putusan Pengadilan Tipikor Banda Aceh serta menghukum Zulkifli H Adam dan Misman sesuai tuntuntan. Dalam Dakwaan, JPU meyakini keduanya bersalah, terbukti melakukan tindak pidana korupsi atas pengadaan tanah pembangunan perumahan guru di Sabang.

Diberitakan, Zulkifli H Adam dan Misman divonis bebas oleh majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Banda Aceh yang dipimpin Muhifuddin pada 7 Februari 2020.

Selain itu, hakim juga memerintahkan agar barang bukti berupa tanah di Paya Seunara dan Suka Karya beserta sertifikat hak milik atas nama ZUlkifli H Adam dikembalikan kepada terdakwa.,

Zulkifli H Adam sebelum dituntut tiga tahun lebih sembilan bulan penjara dan membayar denda sebesar Rp100 juta serta uang penganti sebesar Rp796 juta. Sedangkan mantan Sekretaris Dinas Pendikan Sabang, Misman di tuntut dua tahun enam bulan penjara dengan denda Rp50 juta.

 

Komentar

Loading...