Unduh Aplikasi

Jaga Pasokan Kebutuhan Pokok

Jaga Pasokan Kebutuhan Pokok
Ilustrasi: foodable network

NELAYAN di Aceh memutuskan untuk tetap melaut. Langkah ini tentu harus dihargai. Di tengah-tengah mewabahnya virus corona di daerah ini. Hingga saat ini, jumlah orang yang masuk dalam daftar pengawasan terus bertambah.

Keputusan ini harusnya dibarengi dengan dukungan dari pemerintah, baik di tingkat provinsi ataupun di kabupaten dan kota. Pemerintah perlu memberikan kemudahan bagi para nelayan untuk mendapatkan bahan bakar dengan harga terjangkau.

Pemerintah juga harus memastikan para nelayan mendapatkan fasilitas kesehatan dan dukungan kesehatan yang memadai. Misalnya dengan memberikan mereka dan keluarga mereka asupan vitamin tambahan yang dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dari serangan virus corona.

Mereka yang bekerja di bidang medis, suplai bahan bakar dan kebutuhan pokok, para pengemudi ojek online, para pedagang kecil di pasar-pasar dan kelontong, harus mendapatkan perhatian lebih dari pihak-pihak terkait. Tanpa keberadaan mereka, tentu saja kita akan kesulitan menghadapi masa-masa krisis seperti ini.

Kepolisian dan dinas perhubungan, misalnya, harus menjamin bahwa proses pasokan kebutuhan pokok ke Aceh, dari Sumatera Utara, berjalan dengan baik. Kepolisian juga harus memastikan tidak ada pungutan liar yang dibebankan kepada para pekerja di bidang angkutan.

Kepolisian dan dinas perdagangan juga harus mengefektifkan pengawasan terhadap distribusi kebutuhan pokok. Memastikan tidak ada orang yang mengambil keuntungan dengan menumpuk kebutuhan pokok dan menjualnya dengan harga lebih mahal. 

Di masa-masa sulit seperti ini, pemerintah juga harus menyederhanakan rantai distribusi kebutuhan pokok. Jangan biarkan harga melonjak naik. Jika ini terjadi, sejumlah stimulus yang diluncurkan pemerintah untuk mengatasi kondisi ini akan sia-sia.

Dengan kesiapan pemerintah, dan kesadaran dari masyarakat, situasi tak biasa ini akan dapat dilalui dengan baik. Tentu saja, semua terpulang kepada kepedulian kita untuk membantu saudara-saudara kita, sesulit apapun kondisi yang kita alami. 

Komentar

Loading...