Unduh Aplikasi

Jadwal pelantikan pimpinan dewan Abdya ditetapkan

ACEH BARAT DAYA –  Kendatipun hubungan antara dua fraksi di DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) selama ini terancam retak.  Namun tidak berimbas pada proses pelantikan unsur pimpinan DPRK. Buktinya, jadwal pelantikan ketua dan wakil ketua defenitif sudah ditetapkan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Muksin, SH saat dikonfirmasi AJNN Jum’at (05/12) malam melalui telepon selulernya membenarkan, jika tidak ada aral melintang para unsur pimpinan DPRK Abdya yang terdiri dari ketua dan wakil ketua akan dilantik dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPRK Abdya Selasa (09/12) mendatang.

Lebih lanjut, Sekwan menyebutkan, pihaknya mengaku telah menerima SK dari Gubernur Aceh tentang pengangkatan resmi ketua dan wakil ketua DPRK Abdya masa jabatan 2014- 2019, bahkan pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan ketua Pengadilan Tapak Tuan.

“SK Gubernur sudah kami terima Kamis kemarin. Insya Allah, hari Selasa (09/12)  bisa terlaksana Paripurna pelantikan ketua dewan," katanya.

Dikatakannya sejumlah persiapan pelantikan para unsur pimpinan lembaga legeslatif Abdya itu sudah rampung dilakukan termasuk  mencetak undangan.

“Berhubung waktunya sudah jelas, tadi sore kami langsung mencetak undangan” kata Muksin

Menurutnya, unsur pimpinan DPRK Abdya yang akan dilantik, yakni Ketua Tgk Zulkifli Isa (Partai Aceh), Wakil Ketua I, Romi Syaputra (Demokrat), dan Wakil ketua II Jismi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Pelantikan unsur pimpinan dewan definitif kata Sekwan, akan dilantik oleh ketua pengadilan Negeri Tapak Tuan.

"Pelantikan ketua dan dua orang wakil ketua DPRK Abdya  mengacu pada Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh, tentang peresmian pimpinan DPRK Kabupaten Abdya masa jabatan 2014-2019 yang berlangsung dalam rapat paripurna istimewa," ujarnya.

Julinardi, salah seorang anggota DPRK Abdya yang berasal dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang dihubungi AJNN via Blackberry Messenger (BBM)  mengaku belum ada informasi terkait pelantikan unsur pimpinan DPRK Abdya.

“ Tapi sekilas saya dengar informasi, SK ketua defenitif sudah turun, hanya tinggal penentuan hari dan tanggal saja. Nanti kalau sudah ada informasi positif akan saya kabari pada AJNN,” sebutnya.

Anggota dewan yang berasal dari dapil 2 ini juga menjelaskan setelah unsur pimpinan DPRK sudah dilantik, salah satu agenda pokok yang harus segera dituntaskan anggota legeslatif pengesahan tata tertib (tatib) serta pembentukan alat kelengkapan DPRK.

“Kalau pengesahan Anggaran APBK 2015 kita upayakan setelah pelantikan pimpinan dewan defenitif dan terbentuknya alat kelengkapan DPRK maka akan disegerakan pembahasan Anggaran” katanya.

Saat ditanyai AJNN terkait jumlah komisi yang akan di betok oleh fraksi Partai Aceh di lembaga dewan, Julinardi mengaku tidak memiliki wewenang untuk menjawab atau memberikan informasi terkait hal yang dimaksud.

“Kalau masalah komisi itu saya tidak ada wewenang menjawabnya,” helak politisi Hanura via pesan singkatnya.

SUPRIAN

Komentar

Loading...