Unduh Aplikasi

ITK Provinsi Aceh Pada Triwulan III-2019 Diperkirakan Pesimis di angka 97,18

ITK Provinsi Aceh Pada Triwulan III-2019 Diperkirakan Pesimis di angka 97,18
Foto: Antara

BANDA ACEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat pada triwulan II tahun 2019, konsumen di Provinsi Aceh menyatakan persepsi yang optimis bahwa kondisi ekonominya lebih baik dibanding triwulan I pada tahun 2019.

“Indeks Tendensi Konsumen (ITK) pada triwulan II-2019 Provinsi Aceh adalah sebesar 125,82,“ kata Kepala BPS Provinsi Aceh Wahyuddin melalui keterangan resmi yang diterima AJNN.

Ia menjelaskan, tingkat optimisme konsumen tersebut dipengaruhi oleh adanya persepsi optimisme yang meningkat pada komponen-komponenya. ITK berkisar antara 0 sampai dengan 200. Indikator nilai ITK lebih kecil dari 100, menunjukkan bahwa kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan menurun (pesimis) dibanding triwulan sebelumnya.

Nilai ITK sama dengan 100, menunjukkan bahwa kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan tidak mengalami perubahan (stagnan) dibanding triwulan sebelumnya.Kemudian, untuk nilai ITK lebih besar dari 100, menunjukkan bahwa kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan meningkat (optimis) dibanding triwulan sebelumnya.

Indeks pendapatan di Provinsi Aceh saat ini sebesar 125,21, yang menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Aceh berpersepsi bahwa pada triwulan II pendapatan mereka lebih baik dibanding triwulan sebelumnya.

Untuk komponen indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi sebesar 120,05, artinya tidak ada pengaruh inflasi terhadap konsumsi penduduk Aceh pada triwulan II.

Sedangkan komponen indeks volume konsumsi sebesar 134,62 artinya sebagian besar penduduk Aceh berpersepsi bahwa terjadi kenaikan tingkat volume konsumsi pada triwulan II dibanding triwulan sebelumnya.

“Optimisme konsumen di triwulan II-2019 ini cenderung meningkat,“ ujarnya.

Namun demikian, BPS Aceh memperkirakan pada triwulan III tahun 2019, persepsi konsumen di Provinsi Aceh menunjukkan bahwa kondisi ekonominya cenderung menurun.

“Hal ini ditunjukkan dengan nilai perkiraan ITK triwulan III-2019 mendatang sebesar 97,18,“ ungkap Wahyuddin.

Sementara itu, lanjut Wahyuddin, secara regional di Pulau Sumatera, persepsi optimisme konsumen di Provinsi Aceh terhadap kondisi ekonomi pada triwulan II-2019 melalui ITK-Kini berada pada urutan keempat, dan berada di atas ITK-Kini Nasional (125,68).

Kemudian, untuk ITK perkiraan triwulan III-2019, tingkat persepsi konsumen di Provinsi Aceh berada pada urutan ketujuh, yang juga berada di bawah level perkiraan ITK triwulan III-2019 Nasional, yakni sebesar 100,03.

Komentar

Loading...