Unduh Aplikasi

Irwandi Resmi Berpasangan dengan Nova Iriansyah

Irwandi Resmi Berpasangan dengan Nova Iriansyah
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) secara resmi telah memberikan surat rekomendasi kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah untuk maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 mendatang.

Dalam rilis yang diterima AJNN, Jum'at (5/8), keputusan tersebut diambil dalam sidang majelis tinggi, Kamis (4/8). yang didasari pada pertimbangan bahwa Irwandi Yusuf akan dipasangkan dengan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah.

Paska perjanjian damai Helsinki 2005, diprakarsai Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Irwandi adalah kepala daerah pertama yang diusung melalui jalur independen.

Irwandi dinilai sukses membangun Aceh pada masa kepemimpinannya dulu, diantaranya berhasil memulihkan stabilitas keamanan dan menjalankan program pembangunan pro rakyat, seperti jaminan kesehatan Aceh (JKA), sehingga jutaan rakyat Aceh bisa berobat gratis hanya dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP).

Selain itu, dirinya juga berhasil meluncurkan program pendidikan berupa beasiswa untuk 2500 sarjana Aceh dan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 hingga keluar negeri serta beasiswa pendidikan dasar kepada 120 ribu anak yatim, korban konflik, tsunami dan daerah terpencil.

Keinginan warga Aceh agar Irwandi kembali menjadi gubernur juga tampak dari hasil survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) pada Mei 2016 yang menunjukkan tingkat keterpilihan (elektabilitas) Irwandi 35,7%, jauh diatas tiga calon lain dimana hanya mencapai 17%, 11% dan 3,8%.

Survei tersebut menjaring pendapat dari 1200 responden, dengan teknik sampel acak bertingkat dari 23 kabupaten/kota di Aceh dengan tingkat kepercayaan 95%, dan simpangan lebih kurang 2,9%.

Dari survei itu juga diketahui bahwa 34% pemilih di Aceh akan memilih gubernur yang didukung SBY. Dengan demikian, surat rekomendasi kepada Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dipandang tepat dan sejalan dengan harapan serta kebutuhan rakyat Aceh.

Pasangan ini telah memenuhi syarat untuk maju dalam pilkada Aceh karena sudah mengantongi 13 kursi, masing-masing diperoleh dari partai demokrat 8 kursi, Partai Nasional Aceh (PNA) 3 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 1 kursi dan Partai Daulat Aceh (PDA) 1 kursi.

Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, selain dua partai nasional dan dua partai lokal yang sudah resmi, pihaknya juga sedang berkomunikasi intens dengan beberapa partai politik nasional lainnya yang akan bergabung untuk bersama membangun Aceh dengan mengusung pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Komentar

Loading...