Unduh Aplikasi

Irwan Djohan: Sulaiman Abda Masih Wakil Ketua DPR Aceh

Irwan Djohan: Sulaiman Abda Masih Wakil Ketua DPR Aceh
Irwan Djohan menyampaikan tanggapan terkait tuntutan mahasiswa untuk segera melantik Muhammad Saleh sebagai pengganti Sulaiman Abda. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Teuku Irwan Djohan mengatakan secara hukum Sulaiman Abda masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRA. Hingga saat ini, pihaknya belum menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri untuk mengganti Sulaiman dan melantik Muhammad Saleh sebagai penggantinya.

"Sejauh itu belum ada (SK), maka pergantian tak bisa dilakukan," kata Irwan Djohan di gedung Parlemen Aceh, Rabu (9/11).

Baca: Mahasiswa Desak Pengganti Sulaiman Abda Segera Dilantik

Irwan juga menegaskan bahwa selama ini tidak terjadi kekosongan pada posisi wakil ketua yang dijabat oleh Sulaiman. Permasalahannya, kata dia, yang bersangkutan tidak dapat bekerja secara optimal.

Sulaiman digantikan oleh Saleh terkait kisruh di Partai Golkar Aceh. Akhir tahun lalu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Golkar Aceh saat itu, Muhammad Yusuf Ishaq, mengatakan Sulaiman Abda akan digantikan Saleh setelah mendapatkan Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri.

Baca: Golkar Aceh: Pemecatan Sulaiman Urusan Internal

“Kalau Sulaiman Abda dipecat, pengacara tidak perlu melakukan pembelaan hukum. Karena ini urusan internal partai,” kata Yusuf Ishaq kepada AJNN. Menurut Yusuf, partai mencopot Sulaiman dari jabatan wakil ketua parlemen dan saat ini hanya menjabat sebagai anggota biasa.

Baca: Di Depan Pengurus Golkar Aceh, Sulaiman Abda Minta Maaf

Kembali ke Irwan, hingga saat ini pihaknya berharap jabatan wakil ketua parlemen ini dapat segera aktif seperti seharusnya untuk mendorong kinerja DPR Aceh yang lebih baik. Tanpa pejabat yang mengisi posisi wakil ketua, kinerja dewan sedikit timpang. Irwan menginginkan hasil sidang paripurna yang telah dilakukan sebanyak dua kali itu segera ditindaklanjuti.

"Saya sampaikan, pelantikan pengganti harus ada SK mendagri. Jika besok ada, maka besok juga akan kami lantik," kata Irwan.

Komentar

Loading...