Unduh Aplikasi

Irigasi Jebol, Tanaman Padi di Pidie Terancam Gagal Panen

Irigasi Jebol, Tanaman Padi di Pidie Terancam Gagal Panen
Foto: Ist

PIDIE - Ratusan hektar lahan tanaman padi di Kecamatan Kembang Tanjong, Sakti, Mutiara, Kembang Tanjong dan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie terancam gagal panen akibat saluran irigasi dan pintu air jebol diterjang banjir sejak dua pekan lalu.

Mukim Reheung-Rheung, Kecamatan Kembang Tanjong, Gama Toni kepada AJNN, Sabtu (30/5) mengatakan, dampak dari jebolnya saluran irigasi dan pintu air di Gampong Tangkueng, Kecamatan Sakti, telah menyebabkan  pasokan air berkurang.

Apalagi dihadapkan musim kemarau, sehingga membutuhkan kecukupan air. Saat ini tanaman padi sudah berumur 40 hari, jika saluran irigasi tersebut tidak segera diperbaiki maka dikuatirkan  tanaman padi terancam gagal panen.

"Warga berharap kepada pemerintah agar saluran irigasi yang telah rusak segera diperbaiki untuk mengatasi kebutuhan air saat musim tanam gadu," pinta Gama Toni.

Dia menambahkan, untuk pemenuhan kebutuhan air sementara, masyarakat Pemukiman Rheung-Rheung, Kembang Tanjong  membersihkan sisa beton saluran irigasi yang jebol diterjang banjir."

Meski belum diperbaiki pemerintah namun secara swadaya, tadi pagi kita kerahkan 50 warga untuk membersihkan sisa beton saluran irigasi yang diterjang banjir supaya air dapat terairi ke sawah," pungkasnya.

Komentar

Loading...