Unduh Aplikasi

Irigasi Bernilai Rp 2,9 Miliar Hanya Bertahan Seumur Jagung

Irigasi Bernilai Rp 2,9 Miliar Hanya Bertahan Seumur Jagung
Bagian irigasi yang ambruk. Foto: Julida Fisma
ACEH BARAT DAYA - Irigasi senilai Rp 2,9 miliar ambruk. Irigasi ini dibangun dua bulan lalu di Gampong Kuta Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya. Panjang keseluruhan irigasi ini mencapai 3 kilometer. 

"Kondisinya sudah ambruk padahal baru saja siap dikerjakan," ungkap salah seorang petani kepada AJNN, Jumat (4/3).

Menurut petani itu, pengerjaan proyek tersebut selesai dikerjakan akhir 2015. Namun sekitar awal 2016 saluran air itu mulai rusak. Dia menduga, ruas yang ambruk akibat tidak ada saluran pembuangan dan material yang tidak berkualitas. Akibatnya, saat debit air sungai tinggi, bagian itu langsung ambruk.

Proyek tersebut dikerjakan oleh PT Pitra Sari Rahayu dengan nomor kontak 602.1/SPPK/06/DAK-T/P-PU/2016 bersumber dari Dana Alokasi Kusus (DAK) tambahan usulan daerah tahun 2015 dengan nilai Rp 2,9 miliar.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Abdya, Mulyadi, membenarkan bahwa proyek di Jeumpa itu dan kini masih dalam tanggung jawab rekanan. Dia memastikan saluran irigasi itu akan segera diperbaiki.

Bagian yang ambruk, kata Mulyadi, hanya sekitar delapan meter dari sekitar 3 kilometer yang rampung dikerjakan akhir tahun lalu. “Kita sudah memerintahkan pihak rekanan untuk memperbaiki segera saluran yang ambruk. Dan itu disanggupi rekanan,” kata Mulyadi.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...