Unduh Aplikasi

Inspektorat Pidie Kawal Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

Inspektorat Pidie Kawal Penggunaan Dana Penanganan Covid-19
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Kepala Inspektorat Kabupaten Pidie, Mustafa Kamal melalui ketua pendampingan, Evi Almanidar mengatakan, pihaknya akan tetap mengawal penggunaan anggaran belanja tak terduga (BTT) yang diperuntukan untuk percepatan penanganan virus corona atau Covid-19.

“Kita diminta melakukan pendampingan dan reviu penggunaan dana BTT tersebut, termasuk pengadaan barang dan jasa untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Karena dana BTT tersebut sifatnya untuk tanggap bencana, jadi bisa saja dalam perjalananya tingkat kebutuhan mengalami perubahan maka Inspektorat akan mengawal mulai dari proses pengganggaran hingga pertanggungjawaban.

Baca: Pemkab Pidie Realisasi Rp 5,2 Miliar BTT untuk Penanganan Covid-19

Dia menambahkan, penggunaan dana BTT tidak memiliki secara terperinci petunjuk teknis (Juknis), sehingga dikhawatirkan akan rawan disalahgunakan, untuk itu perlu dilakukan pendampingan agar anggaran yang digunakan tepat guna dan tepat sasaran.

“Karena sifatnya bencana jadi kalau diikat dengan Juknis tidak bisa juga, juknis secara umum ada. Kalau terperici takutnya nanti malah mereka tidak bergerak, karena agak longgar peruntukannya maka kita kawal supaya tidak tersandung dengan hukum,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pidie mengalokasi anggaran BTT sebesar Rp 5,2 miliar untuk percepatan penanganan Virus Corona, kemudian kembali dilakukan penambahan anggaran sebesar Rp32 miliar.

Komentar

Loading...