Unduh Aplikasi

Insiden Singkil, PA Sesalkan Pernyataan Dasco yang Dimuat Tempo

Insiden Singkil, PA Sesalkan Pernyataan Dasco yang Dimuat Tempo
Dasco
BANDA ACEH - Partai Aceh (PA) menyesalkan pernyataan yang dilontarkan Anggota Komisi Keamanan DPR-RI Sufni Dasco Ahmad, terkait dugaan keterlibatan eks kombatan dalam insiden di Singkil sebagaimana  diberitakan media Tempo.co pada Rabu (14/10) lalu.

Hal itu disampaikan juru bicara Partai Aceh Suadi Sulaiman atau yang sering disapa Adi Laweung, Kamis malam (15/10) di Banda Aceh.

Dalam berita yang dimuat Tempo.co, Dasco menduga kerusuhan di Singkil didalangi oleh para mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang tidak puas dengan pimpinan Aceh dan mencoba memperkeruh suasana.

Menurut Adi Laweung, pernyataan tersebut jelas-jelas sebagai upaya mengadu domba antara mantan GAM dengan komunitas Kristiani yang ada di Aceh, terutama di Singkil.

"Jika dinilai statemennya, maka Dasco-lah provokator berdasi dari Senayan yang menyulut bara ke Singkil. Kita tidak bisa terima itu. Badan Kehormatan Dewan (BKD) harus mengambil sikap tegas terhadap anggota dewan yang berbicara tanpa bukti kuat," ujar Adi Laweung.

Menurut Adi, mantan GAM tidak terlibat sama sekali dalam insiden tersebut. Sebaliknya Adi imengatakan Dasco hanya asal bicara tanpa mengetahui akar persoalan kasus.

“Bukan seperti orang meraba di kegelapan, informasi tidak tau, sudah langsung main klaim.” ujarnya.

Untuk itu, mewakili Partai Aceh Adi Laweung meminta Dasco harus mencabut pernyataanya di Tempo.

"Atas nama Partai Aceh yang merupakan partai sebagian besar mantan kombatan, kita sangat bertoleransi dan menjunjung kerukunan dengan siapapun dan di manapun," tambah Adi Laweung.

| HENDRA KA

Komentar

Loading...