Unduh Aplikasi

Insentif Buat Pekerja Aceh

Insentif Buat Pekerja Aceh
Ilustrasi: kingman daily miner

BISNIS perhotelan menjadi salah satu yang sektor yang paling terpukul di tengah wabah corona. Angka hunian anjlok ke titik terendah. Padahal, sebelum wabah merebak, pajak hotel menjadi salah satu penyumbang pundi keuangan daerah.

Di Aceh Barat, manajemen Tiara Hotel mengungkapkan mereka masih bertahan karena memiliki kerja sama dengan perusahaan tambang di sekitar daerah itu. Sejak pemerintah mengumumkan dua kasus corona pertama, hingga kini, angka hunian terus merosot.

Tentu tak semua bernasib sama. Beberapa hotel terpaksa merumahkan pekerja mereka. Hal ini terjadi di hampir seluruh daerah di Aceh. Memecat pekerja menjadi pilihan terakhir yang akan diambil pengusaha perhotelan.

Karena itu, pemerintah perlu memberikan insentif bagi pekerja dan karyawan hotel. Pemerintah juga perlu memberikan insentif penghapusan pajak bumi dan bangunan kepada pemilik hotel.

Dengan demikian, uang yang ada bisa dialokasikan untuk memenuhi kewajiban perusahaan membayar tunjangan hari raya dan memberikan uang meugang kepada seluruh karyawan, baik mereka yang masih bekerja atau dirumahkan.

Hingga saat ini, Pemerintah Aceh memang belum mendapatkan laporan tentang pemutusan hubungan kerja. Dinas terkait baru menerima laporan tentang pekerja yang dirumahkan.

Saat ini, Pemerintah Aceh juga tengah menerima pendaftaran 63 ribu lebih penerima manfaat kartu pekerja dari kuota 72 ribu untuk Aceh. Data ini akan diverifikasi sebelum bantuan itu disalurkan.

Namun alangkah baiknya bantuan itu tetap berupa uang tunai. Tidak dalam bentuk pelatihan atau pengembangan keterampilan. Dengan demikian, uang itu dapat digunakan para pencari kerja untuk memenuhi kebutuhan melewati masa sulit pandemi corona.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...