Unduh Aplikasi

Ini Rekomendasi Peulaba kepada PT SIA

Ini Rekomendasi Peulaba kepada PT SIA
Penggalan surat rekomendasi ke PT SIA. Foto: ist

BANDA ACEH - 14 Agustus 2017 lalu, panitia pelaksana duek pakat Pesaudaraan Leweung dan Batee mengeluarkan rekomendasi kepada PT Semen Indonesia Aceh (SIA). Surat ini disampaikan setelah masyarakat di kecamatan Muara Tiga Laweung dengan masyarakat di Kecamatan Batee, Pidie, bermufakat untuk menyamakan persepsi.

Dalam acara yang digelar aula Diklat Kabupaten Pidie, mereka meminta pemimpin SIA memperhatikan rekomendasi tersebut dalam menjalankan bisnis mereka di daerah itu. Masukan ini juga diharapkan dapat menjadi acuan mereka berbisnis.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Tarmizi Ishak, sebagai ketua panitia, mereka menyampaikan bahwa masyarakat mendukung pendirian pabrik Semen Indonesia Aceh untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, “asal dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku di Republik Indonesia dan memperhatikan adat dan budaya Aceh.”

Foto surat pengantar hasil rekomendasi Peulaba kepada PT SIA. (ist)

Namun mereka juga meminta kepada semua pihak, terutama PT Samana Citra Agung, untuk menyelesaikan persoalan lahan yang belum terselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan tidak melakukan upaya-upaya meresahkan masyarakat.

“Minta Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pidie untuk proaktif dan menyelesaikan setiap keluhan masyarakat dan membatu memfasilitasi apabila ada persoalan yang terjadi sehingga tidak ada oknum yang kemudian mengintimidasi atau menekan masyarakat di sekitar SIA.”

Selain meminta SIA memelihara dan mengidentifikasi makam ulama di daerah itu, mereka juga menolak pengalihan jalan Guha Tujoh agar akses masyarakat tak terhambat. Mereka juga meminta Guha Tujoh dan goa lainnya di kawasan itu dilestarikan sebagai upaya melestarikan daerah itu.

Duek pakat itu juga merekomendasikan perusahaan untuk menyiapkan Amdal dan dokumen lingkungan lainnya yang diperlukan sebelum memulai pembangunan. Seluruh proses pembangunan itu harus melibatkan masyarakat sehingga seusai dengan aturan hukum yang berlaku.

Namun rekomendasi ini berbuntut somasi. PT Samana Citra Agung, lewat penasihat hukumnya, Safaruddin, mengirimkan somasi kepada Peulaba. Samana meminta klarifikasi dan menuntuk permintaan maaf dari Peulaba yang dianggap mencemarkan nama baik perusahaan itu. Samana adalah mitra SIA dalam membangun pabrik semen di Laweung, Pidie.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...