Unduh Aplikasi

Ini Pakaian Paling Dicari Warga Menjelang Lebaran

Ini Pakaian Paling Dicari Warga Menjelang Lebaran
Pedagang melayani pembeli yang mencari perlengkapan busana dalam momentum menyambut lebaran di Pasar Aceh, Banda Aceh, Senin (27/5/2019). (Antara Aceh/Khalis)

BANDA ACEH - Sejak awal hingga pertengahan Ramadhan, masyarakat "menyerbu" beberapa pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh, guna mencari perlengkapan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriah, dan busana muslimah model gamis untuk perempuan, serta baju koko Pakistan untuk laki-laki, saat ini paling dicari warga setempat.

"Kalau disini yang paling banyak dicari itu pakaian model gamis, kaftan kalau untuk perempuan, dan laki laki baju koko," kata Fitri (27), pedagang di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh, Senin.

Ia mengaku penjualannya meningkat sejak awal puasa. Jika hari biasa hanya dapat mengantongi Rp800.000 hingga Rp1 juta per hari, sedangkan sepanjang puasa atau menjelang lebaran dagangannya laku berkisar Rp 4 juta per harinya.

"Kalau Sabtu, Minggu itu mungkin sampai Rp8 juta per hari. Itu kalau suasana seperti ini menjelang lebaran. Pakaian yang saya jual bermacam model, harganya juga bervariasi, mulai Rp150.000 hingga Rp600.000 per potong," katanya, menjelaskan.

Fitri menjelaskan, busana muslimah model kaftan paling banyak diminati dari kalangan perempuan muda, berkisar umur di bawah 35 tahun, sedangkan perempuan umur 40 tahun ke atas paling banyak mencari pakaian model gamis Arab, Turki, dan Mesir atau disebut gamis hikmat dengan harga berkisar lebih dari Rp1 juta.

"Hari puncak (belanja lebaran) biasanya mulai 20 hari puasa sampai 29 hari puasa. Itu siang malam banyak orang (belanja). Pembelinya ada dari Lhoksemawe, Aceh Selatan, dari berbagai daerah di Aceh lah," kata Fitri, menambahkan.

Sementara itu, Arul pedagang pakaian muslim di Pasar Aceh merasakan hal yang sama. Ia mengaku barang dagangannya juga mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Jika hari biasa ia hanya mengantongi Rp3 juta per hari. Namun selama Ramadhan menjelang lebaran ia bisa mengumpukan pundi-pundi rupiah hingga Rp10 juta per hari.

Pedagang dari Aceh Selatan ini mengaku hanya menjual pakaian muslim seperti baju koko, celana untuk orang dewasa dan anak-anak dengan berbagai model, serta kain sarung. Ia menjual dengan harga mulai Rp140.000 - Rp180.000 untuk anak-anak, sedangkan untuk dewasa mulai harga Rp150.000 - Rp300.000 per satuan.

"Yang paling banyak (laku) itu baju koko Pakistan, yang model panjang terusan sampai paha atau lutut itu, mau orang dewasa atau anak-anak juga sama koko Pakistan. Selebihnya baru celana, baju koko biasa, dan kain sarung," ungkap Arul.

Nur Laily (52) seorang pembeli mengaku pakaian yang sedang nge-tren untuk perempuan yakni gamis. Busana dengan model menutupi seluruh tubuh itu dinilai sangat cocok untuk Aceh, daerah diterkenal sebagai daerah syariat islam.

"Kalau di Aceh memang sudah gamis semua (model pakaiannya). Tergantung modelnya seperti apa. Kalau saya mau cari gamis juga, mau lihat-lihat dulu modelnya. Apalagi daerah kita ini daerah syariat," ujar Nur.

Komentar

Loading...