Unduh Aplikasi

Ini Kronologi Hilang Kontak Pesawat Aviastar

Ini Kronologi Hilang Kontak Pesawat Aviastar
Aviastar1
Pesawat Aviastar jenis DHC6/PKBRM dilaporkan hilang kontak yang diketahui lepas landas dari Masamba, Luwu Utara pukul 14.25 WITA. Sebelas menit kemudian, menara pemantau Bandara Andi Djemma, Luwu Utara kehilangan kontak dengan pesawat Twin Otter dengan mesin turboprop tersebut.

"Waktu tempuh penerbangan biasanya dari Andi Djemma ke Makassar selama 70 menit. Semestinya pesawat tiba pukul 15.35 WITA di Makassar," ujar Kapolres Luwu Utara AKBP Muhamad Endro dalam keterangan tertulis.

Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda keberadaan pesawat Aviastar tersebut dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo telah membenarkan informasi hilangnya pesawat tersebut.

"Iya benar, pesawat Aviastar yang hilang kontak. Pesawat berangkat 13.26 WITA," ujarnya kepada CNN Indonesia.

Maskapai penerbangan Aviastar yang berdiri di atas naungan PT Aviastar Mandiri merupakan pesawat yang melayani rute penerbangan di wilayah Indonesia Tengah dan Timur.

Selain penerbangan penumpang, Aviastar memberikan layanan untuk koorporasi dalam semisal kargo terutama untuk jalur penerbangan Kalimantan dan Papua. Aviastar telah mendapatkan sertifikasi Air Operator Certificate (AOC) di 2003.

Dari laman resmi aviastar.biz, perusahaan ini setidaknya melayani 10 rute penerbangan, yaitu Jakarta, Lampung, Balikpapan, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Nabire, Tana Toraja, Datah Dawai dan Banjarmasin.

Pesawat Aviastar tipe DHC6/PKBRM yang hilang kontak ini membawa tujuh penumpang dan tiga awak kabin.

Kepala Kepolisian Resor Luwu Utara AKBP Muhammad Endro mengungkapkan cuaca di Bandara Andi Djemma di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dalam kondisi cerah pada saat maskapai perintis Aviastar tipe DHC6/PKBRM terbang.

"Menurut otoritas bandara, cuaca saat pesawat berangkat dari bandara bagus," kata Endro saat dihubungi CNN Indonesia, Jumat (2/10).

Lebih jauh, Endro menjelaskan lokasi geografis jalur penerbangan maskapai Aviastar merupakan area bukit dan pantai.

Hingga kini, pihak kepolisian telah menerjunkan sebanyak 20 personel menuju lokasi tempat terakhir pesawat Aviastar teridentifikasi.

"Hitungan pihak bandara, 11 menit setelah lepas landas pesawat semestinya sudah sampai di wilayah Palopo, Sulawesi Selatan," kata Endro.

Tidak hanya dari kepolisian, petugas dari Badan SAR Nasional dan kepolisian daerah Sulawesi Selatan Barat juga tengah menuju lokasi dugaan hilangnya pesawat.

"Saat ini sudah dikerahkan bersama Basarnas dan personel dari polres-polres yang dilewati rute pesawat. Kapolda juga langsung ke sana," ujar Endro.

Polres Luwu Utara juga telah mengumumkan nama-nama penumpang yang ada di dalam maskapai tersebut, yakni Nurul Fatin M, Lisa Falentin, Riza Arman, Sakhi Arqam, M. Natsir, Afif (bayi), dan Raya (bayi).

Selain tujuh penumpang dalam pesawat, diketahui ada tiga kru pesawat yang ikut melayani penerbangan kala itu. Ketiga kru tersebut terdiri dari 1 pilot, 1 kopilot, dan 1 teknisi.

CNN

Komentar

Loading...