Unduh Aplikasi

Ini Jumlah Pemilih di Pilkada Aceh Barat

Ini Jumlah Pemilih di Pilkada Aceh Barat
ilustrasi.

ACEH BARAT - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Selasa (6/12) menetapkan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017. Penetapan DPT tersebut berlangsung di aula Sekretariat Daerah Aceh Barat pada Selasa.

Adapun jumlah DPT yang ditetapkan KIP setempat, berdasarkan rapat plano tersebut, berjumlah 131.372 jiwa. Hadir dalam rapat plano tersebut Asisten satu Setaris Daerah Kabupaten, Teuku Novrizal, Komisioner Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) setempat, anggota PPK dan PPS serta tim pemenangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat.

Divisi Program dan Data, KIP Aceh Barat, Mardhalita, mengatakan jumlah DPT yang ditetapkan merupakan hasil verifikasi terhadap Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) yang sebelumnya berjumlah 134.312 jiwa.

“Dari jumlah pemilih 131.372 tersebut sebanyak 65.385 jiwa pemilih laki- laki, dan 65.987 jiwa pemilih perempuan,” kata Mardhalita kepada wartawan.

Terjadi pengurangan mencapai 3.000 jiwa lebih dari daftar sebelumnya. Hal ini dikarenakan pemilih meninggal dunia, tercatat ganda, serta pindah alamat.

Sebagian mereka juga yang dihapus dari DPS karena tidak memiliki syarat pilih karena belum merekam data di sistem Kartu Tanda Penduduk elektronik. Namun, kata dia, hingga ditetapkannya DPT tersebut, jumlah penduduk yang belum memiliki KTP elektronik saat ini mencapai 7.000. Padahal mereka masuk dalam DPS.

“Sedangkan 8.000 lebih hingga saat ini belum terekam dalam e-KTP. Mereka tidak bisa lagi kita masukan dalam DPT,” kata dia.

Komentar

Loading...