Unduh Aplikasi

Ini 6 Destinasi Wisata Paling Menarik di Pidie

Ini 6 Destinasi Wisata Paling Menarik di Pidie
Lingkok Kuwing. Foto: Zian.

PIDIE - Kabupaten Pidie memiliki lokasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi dibandingkan dengan daerah lain di Propinsi Aceh. Lokasi wisata tersebut seperti wisata air terjun, goa bersejarah hingga wisata pendakian gunung atau tracking. 

Ketua Himpunan Pramuwisata Kabupaten Pidie, Zian Mustaqin menyebutkan terdapat beberapa lokasi wisata di Pidie yang kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar seperti air terjun Teuraceu Sikureung dan Teuraceu Angen di Kecamatan Tangse, Gunung Peuet Sagoe berada di Gampong Pucuk, Kecamatan Geumpang. 

Kemudian ada juga Goa Sarang di Gampong Kule, Kecamatan Batee, Goa Tujoh di Kecamatan Muara Tiga. Wisatawan juga dapat menikmati sensasi Wisata Tubbing atau wahana wisata dengan menggunakan media ban di Kecamatan Tangse. 

Berikut enam objek wisata menarik dan populer di Pidie.

Gunong Peuet Sagoe

Gunung Peuet Sago. Foto: Zian

Gunong Peut Sagoe terletak di Gampong Pucuk, Kecamatan Geumpang. Ketinggian gunung ini mencapai 2.424 Mdpl sehingga sangat cocok bagi wisata pendakian atau tracking. Untuk mencapai puncak gunung tersebut membutuhkan waktu kurang lebih lebih hari perjalanan dan itu tergantung fisik dan stamina pendaki. 

Teuraceu Sikureung

Teuraceu Sikureung. Foto: Rizal.

Teuraceu Sikureung terletak di pedalaman hutan Kemukiman Bengga, Kecamatan Tangse. Teuraceu Sikureung, merupakan hulunya sungai Bengga, berjarak dua jam perjalanan dengan jalan setapak tentunya akan memberikan kesan eksotis yang berbeda. 

Goa Sarang

Goa Sarang. Foto: Zian.

Goa Sarang terletak di Gampong Kule, Kecamatan Bate, lokasi tersebut kerap dikujungi Mahasiswa perguruan tinggi dari baik Pidie dan luar Pidie. Wisata Goa sarang termasuk dalam wisata terbatas karena kerap digunakan sebagai wisata penelitian dan riset. 

Krueng Rhoep

Krueng Rhop. Foto: Zian.

Krueng Rhoep atau Sungai Rhoep adalah satu diantara sungai yang ada di Bengga, Kecamatan Tangse. Jika tempuh dari Kota Sigli kurang lebih 40 km.

Lingkok Kuwing

Lingkok Kuwing. Foto: Zian.

Lingkok Kuwing terletak di pedalaman hutan tepatnya di Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji. Lingkok Kuwieng memiliki sungai yang diapit dinding batu kars dan sedimen berwarna kekuning-kuningan yang menyerupai warna emas sehingga menciptakan bentuk yang membuat terpesona. 

Namun untuk mencapai ke lokasi wisata tersebut, pengunjung harus melintasi kawasan pegunungan yang terjal yang dipenuhi bebatuan. Jarak objek wisata ini dengan pusat kota Sigli lebih kurang hanya sekitar 20 km. 

Wisata Tubbing

Wisata Tubbing

Sensasi Wisata Tubbing atau wahana wisata menggunakan media ban terdapat di sungai meriam Kecamatan Tangse. 

HUT Pijay

Komentar

Loading...