Unduh Aplikasi

Ini 12 Paket Kegiatan PIN-TTG Nasional 2015 di Aceh

Ini 12 Paket Kegiatan PIN-TTG Nasional 2015 di Aceh
, Foto : Fauzul Husni
BANDA ACEH - Acara Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan Nasional dan Teknologi Tepat Guna Nasional XVII 2015 Banda Aceh memang sudah selesai. Namun acara yang berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober yang digelar di Stadion Lhong Raya banyak mendapat kritikan dari para peserta dan masyarakat Aceh.

Kenapa tidak, peserta menilai Pemerintah Aceh kurang melakukan persiapan khususnya kegiatan yang dikelola oleh Event Organizer (EO). Padahal sebagaimana diketahui Pemerintah Aceh telah mengelontorkan dana Rp. 13,2 miliar untuk acara yang bertaraf Nasional dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dana itu sumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2015. (BACA : Lelang Jasa EO TTG, Dari 61 Peserta Hanya 6 yang Mengajukan Penawaran)

Kuranganya persiapan panitia khususnya EO sangat terlihat dari tidak cukupnya daya listrik, AC yang tidak hidup serta tidak adanya toilet umum. Selain itu, belum lagi adanya harga sewa rental mobil sangat tinggi seperti yang dikeluhkan oleh peserta dari Provinsi Sulawesi.

Banyaknya kekurangan dan kritikan dari peserta telah mencoreng wajah Pemerintah Aceh sebagai tuan rumah acara. Namun ada yang menarik dari total anggaran yang dikuncurkan oleh Pemerintah Aceh melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat. Hasil penulusuran Tim Redaksi AJNN, ada 12 paket kegiatan untuk TTG, satu diantaranya untuk Jasa Profesional MICE Gelar TTG XVII tahun 2014 atau (EO) dan dimenangkan oleh PT. Sigma Internusa dengan total nilai pagu anggaran Rp. 14 miliar.

Namun, masih ada 11 paket lainnya yang tidak terpublis serta tidak diketahui siapa yang mengelola paket kegiatan tersebut. Apabila dikalkulasikan keseluruhannya, Pemerintah Aceh dalam acara TTG telah mengelontorkan dana sebesar Rp 15 miliar.

Berikut nama-nama paket acara TTG yang dikelola oleh Badan Perberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh :

1. Umbul-umbul Gelar TTG Nasional XVII Tahun 2015 lengkap pasang (1 x 4 m)
2. Umbul-umbul di Hall Pameran (1 x 2 m)
3. Cetak PTO TTG nasional XVII Tahun 2015
4. Cetak Goody Bag (dari bahan kain)
5. Souvenir Mascot TTG Nasional XVII Tahun 2015
6. Bilboard gelar TTG nasional XVII Tahun 2015 (Seluruh wilayah Aceh)
7. Spanduk gelar TTG Nasional XVII Tahun 2015 lengkap pasang (1x 6 m)
8. Belanja baju kaos dan topi untuk Gelar TTG Nasional XVII Tahun 2015
9. Cetak brosur gelar TTG Nasional XVII Tahun 2015
10. Cetak stiker logo gelar TTG Nasional XVII Tahun 2015
11. Pakaian seragam batik Aceh untuk panitia dan Instansi terkait Gelar TTG Nasional XVI Tahun 2015
12. Jasa Profesional MICE Gelar TTG XVII Tahun 2015 atau (Event Organizer)

|FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...