Indonesia Negara Pro Sungai

Indonesia Negara Pro Sungai
Pegiat Lingkungan Aceh, Azhar. Foto: Dok pribadi.

Penulis: Azhar

Karya - karya arsitektur megah tidak hanya pada bangunan gedung,  juga terdapat pada jembatan, karya seni arsitektur tersebut, diilhami oleh ragam khasanah sosial budaya setempat, baik itu dalam konteks kenegaraan maupun konteks sebuah negeri, jembatan yang melintas sungai menjadi ikon negara dan kebanggaan bangsa, Jembatan dan sungai sebagai alat pemersatu daratan.

Lihatlah sungai disebuah negara yang menjadi indikasi apakah negara tersebut sehat, bersih dan kotor, Ini menandakan bahwa negara tersebut bagus atau kacau balau dalam menata lingkungannya juga sebaliknya.

Sungai menjadi harkat kebersihan lingkungan, sungai menjadi daya tarik sebuah kota, masyarakat kota bangga akan sungainya sebuah tempat yang menjadi cerita - cerita sejarah bagi sebuah bangsa, sungai adalah ikon bangsa.

Secara gamblang dalam mengamati nilai estetika bahwa sungai adalah ujud perilaku warganya, semakin jernih airnya semakin baik pula negara tersebut, semakin kotor maka carut marutnya negara tersebut, cerita-cerita menarik sebuah negeri terwujud dalam tatanan sosial budaya yang berkenaan dengan  pengelolaan sungai, 

Secara tak langsung banyak negara maju menganut paham pemanfataan konservasi air dan sungai yang bermuara pada pengelolaan lingkungannya, pengelolaan kawasan berbasis sungai walhasil adalah sungai bersih dan mutu air yang sehat dan baik.

Baca Selanjutnya...

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini