Unduh Aplikasi

Indonesia diam-diam menarik minat investor

Indonesia secara diam-diam telah menjadi tempat yang bagus untuk berbisnis, setelah sejumlah masalah yang mengganggunya bertahun-tahun sepertinya sirna.

Para investor mulai menyadari hal itu. E-commerce marketplace "Tokopedia" baru-baru ini menaikkan nilai investasi 100 juta dollar AS dari Sequoia dan Softbank. Toko online fashion Zalora naik 112 juta dollar AS dari berbagai investor. Sedangkan, Grab Taxi yang berpusat di Singapura bisa tumbuh beroperasi di Indonesia, mengambil 250 juta dollar AS dari Softbank.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menghabiskan 10 tahun pertama karirnya bekerja di berbagai perusahaan online dan pembayaran. Tak ada satu bisnis pun yang membuatnya bersemangat, jadi dia menghabiskan banyak waktunya membaca web forum lokal.

Dia melihat orang-orang mengeluh tajam soal masalah yang mereka hadapi saat membayar barang online dan menerimanya offline. Tak ada kepercayaan antara pembeli dan penjual.

Dia pun berangkat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggabungkan model bisnis dari eBay, Craigslist, dan Google AdWords untuk membentuk Tokopedia. Dia memiliki satu misi: membangun produk yang semua orang di Indonesia bisa dan mau memakainya.

Namun, memulai bisnis di Indonesia tidaklah selalu sederhana. Lima serangan bom teroris besar-besaran sejak 2000 hingga 2003 membunuh ratusan dan menghantui baik turis maupun investor. Korupsi masih merajalela.Konflik lintas agama sering pecah.

Kini Presiden baru Indonesia, Joko Widodo seorang kolektor kayu dan penjual furnitur, ingin menganekaragamkan bisnis Indonesia dan menarik lebih dari 500 miliar dollar AS dalam investasi, lima tahun ke depan. Dia telah mendorong melalui kantor nasional satu pintu untuk izin usaha, menciptakan keringanan pajak untuk warga asing, dan memetakan teknologi untuk perkembangan industri yang tinggi. 

AKTUAL/ANT

Komentar

Loading...