Unduh Aplikasi

Indeks Prestasi Siswa SD dan SMP di Aceh Barat Menurun Selama Pandemi

Indeks Prestasi Siswa SD dan SMP di Aceh Barat Menurun Selama Pandemi
Foto: Ist

ACEH BARAT - Indeks prestasi siswa di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Aceh Barat menurun selama pandemi covid melanda Indonesia khususnya Aceh.

Kepala Seksi Kurikulum, Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Nasir menyebutkan menurunnya indeks prestasi siswa tersebut akibat proses belajar di masa pandemi kurang efektif, dimana para siswa diharuskan belajar daring.

"Bicara indeks prestasi, saat ini memang menurun. Karena selama ini belajar daring kan tidak efektif. Apalagi hanya di bawah pengawasan orang tua, terkadang saat orang tua mengawasi proses belaja secara penuh," kata Kasi Kurikulum, Muhammad Nasir.

Dikatakan Nasir, selama belajar daring bahkan siswa banyak yang bermain seperti game online, bahkan banyak yang abai saat diberika tugas sekolah oleh guru.

Tidaka hanya itu, kata dia, bahkan ada orang tua siswa yang harusnya hanya mengawasi belajar dan membantu memberikan bimbingan saat siswa menyelesaikan tugas sekolah malah diselesaikan oleh orang tuanya.

"Orang tua kadang-kadang karena tidak sempat mengawasi atau membimbing karena terlalu sibuk lalu mereka mengambil alih menyelesaikan tugas anaknya, ini ada juga," ungkapnya.

Akibat menurunnya prestasi siswa saat ini, Dinas tersebut dalam ujian semester terpaksa menurunkan jumlah poin penilaian terhadap nilai ujian tiap mata pelajaran.

Dikatakan Nasir, dengan dimulainya belajar tatap muka ini, Dinas Pendidikan setempat melalui sekolah akan terus meningkatkan kembali indeks prestasi siswa. 

Komentar

Loading...