Unduh Aplikasi

Imigrasi Serahkan Tanggung Jawab Rohingya ke Pemko Lhokseumawe

Imigrasi Serahkan Tanggung Jawab Rohingya ke Pemko Lhokseumawe
Imigran Rohingya di BLK Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Imigrasi Lhokseumawe menyerahkan langsung secara simbolis tanggung jawab penanganan 99 jiwa Imigran Rohingya ke Pemerintah Kota Lhokseumawe. Puluhan pengungsi itu kini ditampung di Balai Latihan Kerja (BLK) Meunasah Mee, Kandang, Kecamatan Muara Dua.

“Untuk pengamanan mereka karena tempat sedikit terbuka, akan dibuat shift piket gabungan TNI, Polri dan Sat Pol PP,” kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, Sabtu (11/7).

Sambung Kapolres, puluhan jiwa Imigran tersebut juga akan diberikan pengetahuan dan dibuat aktifitas supaya mereka bisa mandiri. Selain itu juga akan disosialisasikan aturan dan adat istiadan yang berlaku.

Sementara itu, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya mengatakan, alasan pihaknya memindahkan 99 jiwa Rohingya itu ke BLK karena lokasi yang lebih layak dibandingkan bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe.

Baca: Terkendala MCK, Relokasi Imigran Rohingya Tertunda

“Kami doakan semoga mereka tidak lama menetap di Lhokseumawe, karena mengurus pengungsi itu susah. Namun demi kemanusiaan kami siap menampung mereka sementara waktu hingga mereka dipindahkan ke negara ketiga,” ujarnya.

Protection Associate (comm-based) atau Staff Perlindungan UNHCR, Hendrik Ch. Therik mengatakan, registrasi 99 jiwa Imigran itu sudah selesai sekitar 70 persen lebih, dan UNHCR memiliki waktu sekitar dua hari lagi untuk merampungkan registrasi tersebut.

“Setelah registrasi rampung, kemudian akan diverifikasi langsung ke UNHCR di Banglades, karena ada beberapa orang dari mereka mengaku sudah terdaftar disana,” imbuhnya.

Komentar

Loading...