Unduh Aplikasi

Imigrasi Meulaboh Deteksi 22 WNA akan Masuk ke Aceh Barat

Imigrasi Meulaboh Deteksi 22 WNA akan Masuk ke Aceh Barat

ACEH BARAT - Petugas Kantor Imigrasi kelas II B Meulaboh mendeteksi akan ada 22 pekerja asing yang masuk ke perairan laut Kabupaten Aceh Barat, untuk kegiatan ekspor batubara.

“Mereka menggunakan kapal laut dari Chittagong, Bangladesh. Informasi yang kita peroleh mereka akan sampai 19 Desember 2016 ini,” kata Ian.

Untuk memastikan kelengkapan dokumen terhadap WNA yang akan melakukan kegiatan ekspor batubara milik PT Mifa Bersaudara itu, kata dia, pihaknya melakukan pemeriksaan setelah tiba di wilayah hukum kantor Imigrasi setempat.

Ia mengatakan, pengawasan terhadap warga asing yang masuk ke Indonesia, sudah menjadi kewajiban Keimigrasian.

“22 WNA yang akan masuk ke perairain laut Aceh Barat itu merupakan pekerja kapal pengangkut batubara, pentingnya pemeriksaan dokumen, karena kedatangan mereka langsung dari negara mereka menggunakan jalur lintas Negara ASEAN,” ungkapnya.

Markos menegaskan, kedatangan pekerja dari Banglades tersebut, berbeda dengan kedatangan WNA asal China, Malaysia maupun Amerika Serikat yang pernah ditangkap dan dideportasi karena penyalahgunaan izin tinggal.

"Perbedaanya, kasus yang kita tangani seperti WNA yang menyalahgunakan izin tinggal mereka domestik, kita sifatnya di sini pengawasan kerena mereka telah melewati pemeriksaan di tempat lain. Sementara pekerja kapal ini, mereka datang langsung, belum pemeriksaan,"jelasnya.

Komentar

Loading...