Unduh Aplikasi

Imigran Rohingya Dipindahkan ke Bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe

Imigran Rohingya Dipindahkan ke Bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe
Proses pemindahan Imigran Rohingya ke Kantor Bekas Imigrasi Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Imigran asal Rohingya yang sebelumnya dijemput paksa oleh nelayan di Perairan Bayu, Kota Lhokseumawe, kini dipindahkan ke bekas Kantor Imigrasi kota setempat, tepatnya di Kecamatan Blang Mangat.

Pemindahan tersebut, dilakukan dengan menggunakan dua unit mobil truk, sementara hasil pendataan terakhir, total keseluruhan mereka sebanyak 100 jiwa.

“Sementara kita bawa dulu ke Imigrasi, kemudian akan dilihat tindakan yang dilakukan ke depan,” kata staf UNHCR, Oktina kepada sejumlah awak media, Kamis (25/6).

Baca: Alasan Nelayan Lancok Jemput Paksa Rohingya ke Darat

Dikatakan Oktina, untuk tindak lanjut ke depan, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan pihak Imigrasi dan pemerintahdaerah. Karena kondisi mereka saat ini sangat lemah dan butuh penanganan lebih lanjut.

“Kalau permasalahan Covid-19, mereka saya rasa tidak terpapar, karena sudah tiga bulan berada di laut lepas,” ungkapnya.

Sebelumnya, masyarakat nelayan akhirnya memutuskan untuk menggunakan boat menarik puluhan imigran Rohingya ke tepi Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara.

Hal itu dilakukan, diduga karena mereka kesal kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, yang hingga saat ini belum memberikan penanganan apapun terhadap mereka. Nelayan menarik kapal yang ditumpangi oleh Imigran Rohingya dengan menggunakan boat mesin yang dipakai untuk melaut sehari-hari.

Sejumlah tim gabungan serta petugas keamanan sempat menahan supaya nelayan tidak menjemput imigran Rohingya tersebut. Akan tetapi nelayan tidak menggubrisnya.

Komentar

Loading...