Unduh Aplikasi

Imeum Mukim Harus Awasi Kinerja Keuchik

Imeum Mukim Harus Awasi Kinerja Keuchik
Bupati Nagan Raya T Zulkarnaini. Foto: diliputnews.com
NAGAN RAYA - Bupati Nagan Raya T Zulkarnaini menginstruksikan seluruh imeum mukim untuk mengawasi kinerja keuchik. Zulkarnaini berharap, keterlibatan imeum mukim dapat mendorong keuchik untuk bekerja sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Belakangan ini banyak kita lihat geuchik, dalam melaksanakan tugas, melenceng dari aturan yang ditetapkan. Ini tidak baik bagi pembangunan Nagan Raya ke depan,” kata Zulkarnaini, di sela-sela pelantikan imeum mukim di Nagan Raya, Sabtu (12/3)

Selain mengawasi kinerja para keuchik yang berada di wilayah kerja mereka, tugas paling utama imeum mukim adalah menjaga budaya dan adat istiadat serta melestarikan budaya. Zulkarnaini berharap adat istiadat Nagan Raya tidak hilang ditelan modernisasi yang kian masif.

Zulkarnaini juga berharap imeum mukim mendorong tumbuh dan berkembangnya industri tradisional yang selama ini seperti terlupakan. Termasuk sejumlah kuliner lokal yang mulai berganti dengan makan-makanan dari luar, seperti kue kekarah dan hidangan berlapis pada maulid.

Peran dan kepedulian imeum mukim dalam pembangunan Nagan Raya, kata dia, sangat vital. Karena itu, sosok yang dilantik tidak berlaku sebaliknya. Imeum mukim harus memastikan tidak ada tanah ulayat yang dijual. Apalagi sampai terlibat dalam penjualan tersebut.

Zulkarnaini juga mengingatkan keuchik untuk benar-benar memastikan penggunaan dana desa tepat sasaran. Dengan memanfaatkan dana desa, kata dia, akan banyak industri kecil dan menengah yang muncul. Ini akan mendorong kemandirian ekonomi.

Komentar

Loading...