Unduh Aplikasi

Imbauan Plt Gubernur Aceh untuk Hindari Penyebaran Virus Corana

Imbauan Plt Gubernur Aceh untuk Hindari Penyebaran Virus Corana
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

LHOKSEUMAWE -  Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta kepada seluruh masyarakat Aceh agar selalu menjaga wudhu, perbanyak zikir, serta doa kepada Allah agar terhindar dari marabahaya dan segala penyakit termasuk Corona (Covid-19). Hal itu berhubungan dengan meluasnya penyebaran Virus Corona di seluruh dunia.

“Setiap bertemu dengan sesama, ucapkan salam dan sementara waktu sebaiknya hindari berjabat tangan berpelukan serta cipika-cipiki,” katanya dalam surat edaran yang dikeluarkan 12 Maret 2020.

Sambungnya, hindari berbuat maksiat dan semua perbuatan yang jauh dari nilai agama dan syariat Islam. Hindari keramaian dan perkumpulan massa yang tidak mendesak dan tidak penting.

“Perbanyak makan sayur dan buah untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, serta tetap berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Dalam surat bernomor 440/4820 itu, Nova juga mengatakan, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, hindari menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum cuci tangan. Mempraktikkan etika batuk (jaga jarak, tutup hidung dan mulut dengan tisu atau kain).

“Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit, hindari kontak langsung dengan hewan terutama hewan liar. Serta tidak berpergian ke negara dan daerah lain yang sudah terjangkit,” jelasnya.

Terakhir sambung Nova, jika mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sesak nafas, agar menggunakan penutup mulut dan hidung, serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.
 

Komentar

Loading...