Unduh Aplikasi

Imbauan Dinas Syariat Islam Lhokseumawe Jelang Lebaran Idul Fitri

Imbauan Dinas Syariat Islam Lhokseumawe Jelang Lebaran Idul Fitri
Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Teungku Misran Fuadi. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe, melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe agar mengikuti protocol kesehatan Covid-19 ketika merayakan lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Menyangkut dengan Covid-19, kami telah membuat imbauan serta informasi, kepada masyarakat dipersilahkan menggelar Salat Idul Fitri sebagaimana biasanya,” kata Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Teungku Misran Fuadi, Rabu (20/5).

Dikatakan Teungku Misran, hanya saja ada beberapa catatan yang harus diingat. Bagi, warga yang merasa kurang sehat, misalkan batuk atau pilek agar melaksanakan atau dianjurkan salat di rumah saja, demi kenyamanan jamaah lain.

“Jadi bagi masyarakat yang salat di masjid, jangan mengabaikan protokol kesehatan, yakni dengan menggunakan masker dan cuci tangan. Dan kita juga sudah menyarankan kepada setiap masjid agar menyediakan handsanitizer atau tempat cuci tangan,” ujarnya.

Sambungnya, setelah salat Idul Fitri, jika memungkinkan masyarakat segera meninggalkan keramaian. Disini tidak ada istilan mengganggu ibadah karena Covid-19, karena ini masalah agama, meskipun pemerintah mengatur namun bukan berarti membatasi.

“Untuk tahun ini, pawai keliling tidak dilaksanakan semata-mata karena Corona, bukan karena larangan, sehingga masyarakat jangan salah memahami. Karena satu sisi kita wajib beribadah, dan satu sisi lagi harus berikhtiar,” tuturnya.

Komentar

Loading...