Unduh Aplikasi

Imbauan BMKG untuk Enam Kab/Kota di Aceh

Imbauan BMKG untuk Enam Kab/Kota di Aceh
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara memberikan peringatan dini bahwa enam kabupaten/kota di Provinsi Aceh akan diguyur hujan hingga tiga hari ke depan.

Enam kabupaten/kota tersebut meliputi, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Timur, Langsa dan Kabupaten Bener Meriah.

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Wiwit Nitasari mengatakan, dari pantauan terkait kondisi atmosfer terdapat pola belokan angin yang menyebabkan adanya perlambatan kecepatan angin serta daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Aceh didukung dengan kelembaban yang cukup tinggi.

“Sehingga pertumbuhan awan-awan hujan meningkat (khususnya awan-awan konvektif) yang bisa menyebabkan terjadinya hujan lebat yang disertai dengan angin kencang yg terjadi pada sore hingga malam hari,” kata Wiwit, Selasa (26/3).

Sambung Wiwit, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tiga hari ke depan hujan ringan hingga sedang disertai dengan angin kencang berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

"Sedangkan imbauan untuk masyarakat supaya waspada dalam potensi yang ditimbulkan seperti jalan licin, pohon tumbang,berlindung jika mendengar gemuruh petir ketika beraktivitas di luar ruangan,” ungkapnya.

Komentar

Loading...