Unduh Aplikasi

Ilham Habibie Dukung Pengembangan Teluk Surien

Ilham Habibie Dukung Pengembangan Teluk Surien
Penandatanganan MoU antara ISMI Pusat, Ilham Habibie dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, disaksikan Ketua ISMI Aceh, Nurchalis. Foto: Ist

BANDA ACEH - Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), Ilham Akbar Habibie, mendukung penuh pengembangan kawasan Teluk Surin yang berlokasi di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Dukungan ini ditunjukkan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman, antara Ilham Habibie selaku Ketua Umum ISMI dan Bupati Abdya Akmal Ibrahim. Penandatanganan MoU ini dilakukan di Bakrie Tower Jakarta, Kamis (29/8).

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim mengatakan nota kesepahaman antara ISMI pusat dan Pemkab Abdya, lebih menitik fokuskan pada pembangunan infrastruktur, pelabuhan ekspor, kawasan industri dan peti kemas di Kabupaten Abdya.

"Tahapan kerjasama ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dari upaya mendorong lahirnya pengembangan kawasan Teluk Surien," kata Akmal ibrahim melalui rilis yang diterima AJNN, Kamis (29/8).

Sebagaimana diketahui bahwa kawasan Surien merupakan bagian rencana strategi investasi jangka panjang dalam rangka percepatan ekonomi di bagian pantai barat selatan Aceh (Barsela). Beberapa waktu lalu, bahkan Tim Persiapan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Barat Selatan (Barsela) dari Provinsi Aceh, telah melakukan visitasi ke kawasan Teluk Surien.

Kemudian, lanjut Akmal, nota kesepahaman ini merupakan satu gagasan yang sudah sangat lama direncanakan, dan inisiasi ini lahir dari kajian perencanaan jangka panjang dan penilaian secara ekonomi yang digagas ISMI perwakilan Aceh di bawah koordinasi Nurchalis.

Gagasan dan rencana yang sudah dikaji ISMI perwakilan Aceh, kemudian mendapat sambutan positif dari ISMI pusat sehingga dilanjutkan dengan nota kesepahaman bersama, untuk mendorong rencana kerjasama jangka panjang dengan Pemkab Abdya.

Dalam kesempatan itu, Ilham Habibie secara langsung mengemukakan dukungannya secara penuh terkait rencana pengembangan kawasan Surien, untuk menjadi salah satu kawasan penompang ekonomi bagi kawasan Barsela.

"Melihat prospek ini, kemudian ISMI pusat sangat mendukung penuh dan bersedia melakukan upaya untuk mengajak pihak lain dalam berinvestasi di kawasan Surien Abdya, sebagai kawasan yang sangat strategis untuk pengembangan pusat ekonomi baru," jelasnya.

Sementara itu, sambung Akmal Ibrahim, berdasarkan dari rencana kegiatan September 2019 ini, pihak konsorsium investor akan melakukan ekspor CPO perdana ke India. Kegiatan ekspor ini akan dilakukan lewat pipanisasi dari tangki besar ke kapal, yang berlabuh di kawasan pantai Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Abdya.

Ekspor CPO yang digagas ini sekaligus dilakukan untuk membuka kran dan akses ekonomi baru, dengan tujuan agar nilai harga CPO naik dan diharapkan memberikan multi efek ekonomi bagi masyarakat.

"Targetnya, jika proses ekspor berjalan dengan baik maka untuk tahapan berikutnya akan semakin bertambah selain fokus pada CPO juga akan dilanjutkan dengan ekspor karnel, cangkang sawit, kopi dan pinang, pungkas Bupati Abdya ini.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...