Unduh Aplikasi

Ikhtiar Melawan Covid-19

Ikhtiar Melawan Covid-19
Ilustrasi: dlw.

PEMERINTAH Aceh mencatat, hingga hari kedelapan, 5.572 warga Aceh telah menerima suntikan vaksin anticovid-19. Diharapkan, beberapa hari ke depan, jumlah penerima vaksin akan lebih banyak lagi. 

Penerima vaksin berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari aparatur negara, warga negara yang berusia lanjut dan masyarakat umum, terutama mereka yang bekerja di sektor pelayanan publik. 

Untuk mempercepat proses vaksinasi, pemerintah juga menyalurkan vaksin ke pusat-pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit di daerah-daerah. Dengan harapan, proses vaksinasi ini berjalan lebih cepat dan dapat menjangkau semua kalangan di Aceh.

Tujuannya tak lain adalah agar terbentuk kekebalan komunal. Hingga saat ini, vaksinasi masih dipercaya sebagai game changer dalam perang melawan pandemi Covid-19. Meski memang tak ada jaminan seorang yang telah divaksin akan kebal, 100 persen, dari serangan virus ini. 

Namun setidaknya, mereka yang menerima vaksin akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan risiko untuk tertular menjadi lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak divaksin. 

Namun ikhtiar kita hendaknya tidak berhenti pada vaksinasi. Seluruh elemen masyarakat harus memahami bahwa cara terbaik dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini adalah disiplin dalam menegankan masker, disiplin menjaga jarak serta menjalankan protokol kesehatan lain. 

Ikhtiar dalam menjalankan protokol kesehatan ini juga akan sangat berdampak pada pergerakan roda ekonomi di Aceh. Penutupan tempat usaha, atau pembatasan kegiatan ekonomi lain, terutama dalam beribadah akan sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. 

Pengalaman kita hidup di tengah pandemi ini hendaknya dijadikan pelajaran penting tentang pentingnya mengubah sikap. Perang terhadap Covid-19 ini hanya butuh sedikit perhatian dan kepedulian kita. Tak sulit sepanjang kita mau, sama-sama, berubah. 

HUT Pijay

Komentar

Loading...