Unduh Aplikasi

Ikan di Sungai Peuneuhan Mati, Diduga Akibat Limbah Tambak Udang Vaname

Ikan di Sungai Peuneuhan Mati, Diduga Akibat Limbah Tambak Udang Vaname
Kondisi ikan yang mati mendadak di Sungai Peuneuhan Lamno, Aceh Jaya. Foto: IST.

ACEH JAYA - Ratusan ikan dari berbagai jenis di Sungai Peuneuhan Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya mendadak mati. Kematian ratusan ikan yang diduga akibat limbah tambak udang vaname tersebut membuat kesal sejumlah warga.

Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Aceh, Anwar Anas kepada AJNN, Selasa (23/2) mengatakan jika kejadian kematian ratusan ikan di Sungai Peuneuhan tersebut sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu yang diduga akibat limbah udang vaname.

Bahkan menurutnya, hingga hari ini belum ada dinas atau pihak terkait yang mengunjungi lokasi tersebut.

"Kita minta pihak terkait untuk meninjau lokasi matinya ikan di krueng peuneuhan, desa kuala, kecamatan Indra Jaya yang diduga akibat limbah udang vaname," kata Azwar Anas.

Selain itu, KNTI juga meminta Pemkab Aceh Jaya dan DPRK setempat untuk membentuk tim bersama agar bisa meninjau lahan tambak yang membuang limbah ke sungai tersebut dan bila perlu tambak yang membandel harus di beri sanksi. Apalagi DPRK Aceh Jaya juga sudah pernah mengunjungi tambak udang Vaname tersebut beberpa waktu yang lalu.

"DPRK Aceh Jaya harus ada tindak lanjut atas kunjungan ke tambak beberapa minggu yang lalu, apalagi saat itu juga ditemukan masih belum adanya Apal dilokasi tambak tersebut," ujar Azwar.

Selain itu, sambungnya, Bupati juga harus tegas kepada dinas terkait yang lalai dalam mensosialisasi masalah dampak dari limbah Vaname itu yang bisa mersak ekosistem laut dan membunuh semua habitat ikan dan lainnya," pungkasnya.

Komentar

Loading...