Unduh Aplikasi

Ijazah Calon Wakil Bupati Aceh Jaya Diduga Palsu, YARA Lapor ke Panwaslih

Ijazah Calon Wakil Bupati Aceh Jaya Diduga Palsu, YARA Lapor ke Panwaslih

BANDA ACEH - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kabupaten Aceh Jaya resmi melaporkan calon wakil Bupati Kabupaten Aceh Jaya yang diduga menggunakan ijazah aspal (asli tapi palsu), ke Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat, Sabtu (5/11) kemarin.

Ketua YARA Aceh Jaya, Hamdani mengatakan, sebelumnya, informasi tersebut telah beredar dan semakin meresahkan publik, untuk itu pihaknya mencari kebenarannya, supaya tidak menjadi fitnah yang dapat merugikan satu pihak dan menguntungkan pihaknya lainnya.

"Maka dari itu kami resmi melaporkan persoalan tersebut ke Panwaslih Kabupaten Aceh Jaya," kata Hamdani, Minggu (6/11).

Menurutnya, informasi itu sangat perlu dibuktikan dan diluruskan, sehingga jelas legalitas keabsahan ijazah yang dipergunakan untuk mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati.

Saat ini, kata Hamdani, pihaknya sudah mekantongi beberapa data awal sebagai bahan dasar, dan sudah diserahkan ke Panwaslih Aceh Jaya, seperti fotocopy ijazah pesantren tingkat Aliyah, fotocopy ijazah pesantren tingkat Tsanawiyah, fotocopy surat peganti ijazah tingkat Sekolah Dasar (SD), fotocopy surat kehilangan ijazah SD dari pihak Kepolisian, dan fotocopy surat kehilangan ijazah SD dari kepala desa.

Dari data awal yang kami peroleh pihaknya, Hamdani menyebutkan, ada sedikit kejanggalan berdasarkan data yang tertera dalam surat pengganti ijazah SD, dimana yang bersangkutan menyelesaikan studinya pada tingkatan SD sudah berusia 18 tahun.

"Mungkin di sini yang membuat keraguan publik yang seharusnya usia 18 tahun, seseorang itu sudah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP)," jelas Hamdani.

Namun, semua untuk keberanan akan disampaikan setelah pihaknya lakukan investigasi informasi dan legalitas keabsahannya.

Kejanggalan lainnya adalah fotocopy ijazah calon wakil bupati itu dilegalisir KPA setempat.

Komentar

Loading...