Unduh Aplikasi

IDI: Pemerintah Aceh Harus Siapkan Tenaga Medis Cadangan

IDI: Pemerintah Aceh Harus Siapkan Tenaga Medis Cadangan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh memberikan beberapa catatan penting kepada Pemerintah Aceh terkait penanganan virus corona (Covid-19) di tanah rencong.

Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman mengatakan, adapun upaya yang harus dilakukan Pemerintah Aceh secara preventif, antara lain menyiapkan tenaga medis cadangan guna membantu Nakes di pusat perawatan Covid-19 dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

"Pemerintah saat ini harus menyiapkan tenaga medis cadangan untuk membantu medis di pusat perawatan Covid-19. Penambahan tenaga ini juga berdampak terhadap perlindungan tenaga medis," kata Safrizal Rahman saat menggelar konferensi pers via Zoom, Rabu (9/9).

Selain itu, kata Safrizal, IDI Aceh menyarankan supaya pemerintah membuka pusat isolasi dan rumah sakit darurat demi memberikan jaminan terhadap pasien yang tidak bergejala maupun gejala ringan.

Baca: Miliki Penyakit Penyerta, Satu Juta Warga Aceh Masuk Kelompok Rawan Corona

"Langkah ini juga bisa dilakukan sesuai standar, demi memutus mata penyebaran Covid-19," ujarnya.

Tak hanya kepada pemerintah, IDI juga meminta masyarakat untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam upaya memutuskan penularan virus tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Jujur dan segera melakukan pemeriksaan diri bila bergejala. Mudahan langkah diatas bis mengendalikan Covid-19 di Aceh," harap Safrizal

Komentar

Loading...