Unduh Aplikasi

Idham Azis Pensiun 2021, Kompolnas Pegang Data Calon Kapolri

Idham Azis Pensiun 2021, Kompolnas Pegang Data Calon Kapolri
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyebut pihaknya sudah mendata calon Kapolri pengganti Idham Azis. (Foto: CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan sudah mengumpulkan data para calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada awal 2021.

"Biasanya cepat [pembahasan nama-nama calon Kapolri]. Kami sudah ada data-datanya. Masih ada waktu," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (11/11).

Poengky menerangkan Kompolnas masih akan mendalami rekam jejak, latar belakang, dan prestasi dari calon-calon Kapolri tersebut. Dalam hal ini, pihaknya berpedoman pada Pasal 11 ayat (6) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam beleid itu diatur bahwa calon Kapolri adalah seorang perwira tinggi di Korps Bhayangkara yang masih aktif dan juga memenuhi sejumlah persyaratan yang diatur dalam UU seperti jenjang kepangkatan dan karier.

"[Kompolnas] akan memberikan pertimbangan kepada Presiden untuk calon-calon yang track record dan prestasinya terbaik," ucap Poengky.

Jenjang kepangkatan yang dimaksud, katanya, terkait dengan prinsip senioritas alias memiliki pangkat tertinggi di bawah Kapolri yakni Komisaris Jenderal (Komjen).

Sedangkan, jenjang karier yang dirujuk adalah pengalaman dari penugasan calon Kapolri di berbagai bidang profesi atau jabatan di kepolisian.

"Berdasarkan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 38 ayat (1) huruf b Kompolnas bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri," kata dia lagi.

Sebagai informasi, Jenderal Pol Idham Azis akan memasuki masa purnatugas pada Januari tahun depan lantaran sudah berusia 58 tahun.

Sepanjang berkarier di kepolisian, Idham lebih banyak bergelut dalam bidang reserse. Sebelum diangkat menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian, dia menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Komisi III DPR RI menyetujui pencalonannya sebagai Kapolri usai uji kepatutan dan kelayakan pada Oktober 2019. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantiknya secara resmi sebagai Kapolri di Istana Negara pada 1 November 2019.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...