Unduh Aplikasi

IDE dan Prodi Matematika UIN kembangkan pelatihan berbeda

IDE dan Prodi Matematika UIN kembangkan pelatihan berbeda
Pelatihan ptk, Foto : Ist
BANDA ACEH-Institute for the Development of Education (IDE) berkerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika FITK UIN Ar-Raniry, serta didukung Dinas Pendidikan Aceh menggelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru tingkat SMP/ MTs dan SMA/ MA di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan (FIT) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, 5 Februari 2013.

Ketua pelaksana kegiatan Ade Irfan mengatakan pelatihan tersebut diikuti 60 peserta dari berbagai perwakilan sekolah SMP/ MTs dan SMA/ MA yang ada Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, serta beberapa mahasiswa tingkat akhir Prodi Pendidikan Matematika.

Selain itu, Ade juga mengatakan IDE bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika untuk merancang bersama model pelatihan yang lebih efektif untuk guru dan calon pendidik.

“Sistim yang kita pakai adalah, sistim In-On-In-Service. Dimana pelatihan ini kita gelar selama dua hari di kelas, kemudian seminggu di lapangan (sekolah) untuk membuat penelitian awal dan terakhir kembali lagi ke kelas pelatihan, selanjutnya setelah pelatihan ini guru-guru peserta pelatihan juga akan diberikan pendampingan sampai karya PTK guru masuk dalam jurnal ilmiah yang diakui secara nasional, ” jelas Ade.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M. Adam mengatakan pelatihan itu sangat penting dan berguna untuk para guru, karena untuk meningkatkan kompetensi guru dan daya saing.

“Jangan sampai standar kompetensi guru sama dengan standar siswa,” ujar Anas M. Adam.

Anas juga mengatakan, pelatihan itu penting untuk memperbaiki dan menginstrospeksi guru dalam mengajar di sekolah masing-masing. “Saya sangat senang dengan pelatihan ini, karena guru akan terbiasa dengan penelitian nantinya, terutama penelitian yang berkaitan dengan siswa di kelas,” ujarnya lagi.

Anas juga mengatakan, saat ini tingkat kelulusan siswa Aceh masih rendah, walaupun nilai rata-rata kelulusan siswa Aceh di atas rata-rata Nasional. Sehingga perlu perhatian dan komitmen kita bersama dalam membenahi masalah ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Dekan FITK UIN Ar-Raniry, Muhibbuthabary juga mendukung penuh kegiatan itu, serta mengaharapkan kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan UIN Ar-Raniry terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan mutu pendidikan Aceh kedepan.

“Fakultas Tarbiyah saat ini telah didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, banyak dosen kita yang sudah berkiprah di tingkat Nasional, sehingga penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan di kampus hendaknya juga dapat diimplementasikan di sekolah, ini yang menjadi harapan kami agar dinas pendidikan Aceh dapat mendukungnya. Seperti model pelatihan hari ini, merupakan hasil pengembangan dosen-dosen kita Fakultas, sehingga pelatihan kali ini berbeda dengan pelatihan guru pada umumnya,” ujar Muhibbuthabary.

|RILIS
Iklan Kriyad

Komentar

Loading...