Unduh Aplikasi

Ibu Rumah Tangga Rentan Ketularan HIV/AIDS

Ibu Rumah Tangga Rentan Ketularan HIV/AIDS
ilustrasi. Foto: Net
LHOKSEUMAWE - Penderita  virus HIV/AIDS di Kota Lhokseumawe di dominasi ibu rumah tangga, waria dan kelompok gay. Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Lhokseumawe Herliza, kepada AJNN Kamis (4/8) mengatakan, kalangan ibu rumah tangga tersebut lebih banyak tertular akibat faktor suami yang sering gonta- ganti pasangan serta menggunakan narkoba.

“Berdasarkan hasil pendataan oleh pihak kita, ditemukan puluhan kalangan ibu rumah tangga yang tertular virus HIV/AIDS dan sebagaiannya, ada yang sudah meninggal. Secara umum mereka tertular akibat faktor suami,” ujar Herliza.

Herliza menyebutkan, banyak kalangan ibu rumah tangga yang tertular akibat suami, seperti suaminya yang menggunakan narkoba dan suka melakukan hubungan seks secara bebas.

Bagi kalangan ibu rumah tangga yang sudah memasuki fase kehamilan, maka diharus untuk melakukan Voluntary Counseling Test (VCT), agar bisa terdeteksi secara dini dan tidak menular kepada bayinya.

“Penyakit HIV/AIDS itu lebih bagus terdeteksi secara dini, sehingga bisa dilakukan berbagai tindakan medis untuk memperlambat perkembangbiakan virus tersebut. Maka bagi kalangan ibu hamil harus melakukan pemeriksaan, agar bisa diketahui postif atau tidak,” tutur Herliza.

Sementara itu, bagi kalangan gay dan waria juga banyak ditemukan  terjangkit virus mematikan tersebut, meskipun jumlahnya belum terlalu banyak namun tetap harus mejaga diri  dengan baik, meskipun bergaya hidup yang rentan terkena HIV/AIDS.

Komentar

Loading...