Unduh Aplikasi

IAIN Malikussaleh Resmikan Galeri Investasi BEI

IAIN Malikussaleh Resmikan Galeri Investasi BEI
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malikussaleh Lhokseumawe meresmikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (19/12). Peresmian Galeri Bursa Efek Indonesia tersebut juga disertai dengan penandatanganan MoU antara IAIN Malikussaleh Lhokseumawe dengan PT. Bursa Efek Indonesia dan MNC Securities sebagai pihak yang menyediakan jasa investasi di pasar modal Indonesia.

Rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Hafifuddin mengatakan kehadiran galeri investasi ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran bagi mahasiswa, civitas akademika dan masyarakat umum tentang bursa efek yang bergerak di bidang syariah (berbasis islami).

“Galeri yang kami resmikan berbasis syariah dan tentunya segala proses sesuai dengan ajaran islam. Transaksi di galeri BEI ini terbuka untuk umum, siapa saja yang ingin transaksi di bursa efek boleh datang memanfaatkan fasilitas ini, modal pun tidak terlalu besar, hanya dengan minimal Rp 100 ribu sudah bisa jual beli saham,” kata Hafifuddin dalam sambutannya di kampus tersebut.

Hafifuddin berharap dengan adanya galeri ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin apalagi berbasis islami sebab perdagangan bisnis apapun mestilah yang mabrur, yaitu bisnis yang bebas dari riba, judi, kecurangan, tipu daya dan jahil.

“Bisnis bermetode syariah mestilah menyeimbangkan keuntungan duniawi dan ukhrawi, individu dan sosial dengan senantiasa berorientasi meraih ridha Allah dalam seluruh aktifitas bisnis,” tambah Hafifuddin.

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas diharapkan tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya.

Kedepannya melalui Galeri Investasi BEI yang menyediakan real time information untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mendongkrat ekonomi Aceh.

Dalam acara ini juga diadakan sosialisasi pasar modal Indonesia, yang disampaikan oleh Nicky Hogan, Direktur pengembangan PT Bursa Efek Indonesia Jakarta, dan Dadang Suryanto, Direktur PT. MNC Securities.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...