Unduh Aplikasi

Hujan Lebat, Proses Perhitungan Suara Dihentikan Sementara

Hujan Lebat, Proses Perhitungan Suara Dihentikan Sementara
Hujan lebat membuat proses perhitungan suara dihentikan sementara, Foto: Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Hujan lebat yang terjadi pada Rabu (17/4) pukul 16.30 WIB, membuat proses perhitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dihentikan sementara.

Salman, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada TPS 2 di Desa Durian Rampak, Kecamatan Susoh, mengatakan pihaknya terpaksa menghentikan sementara perhitungan suara karena khawatir kotak suara yang terbuat dari bahan kardus akan rusak apabila terkena air hujan terlalu lama.

"Kami hentikan sementara, Kotak tempat surat suara ini kan terbuat dari kardus, kalau terkena air terlalu lama kami khawatirkan akan rusak," ungkap Salman kepada AJNN, Rabu (17/4).

Ia mengatakan, TPS yang terbuat dari tenda teratak itu di beberapa bagian atap mulai bocor. Kemudian, intensitas hujan yang tinggi membuat air tempias mulai masuk kedalam tempat petugas melakukan perhitungan suara.

Saat ini, pihaknya sedang mencari solusi dengan berkoordinasi dengan pihak panitia pemungutan suara, pengawas pemilu desa, dan pihak aparatur desa setempat apakah dimungkinkan lokasi perhitungan suara dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

"Sampai saat ini, kami masih berkoordinasi dengan Panwas dan PPS," ujarnya.

Menurut Salman, sebelum hujan lebat turun, petugas sudah selesai melakukan perhitungan suara di beberapa TPS di Desa Durian Rampak. Namun, hujan mulai turun ketika petugas baru memulai perhitungan surat suara untuk DPR-RI.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Durian Rampak, Nazaruddin, mengatakan setelah dilakukan koordinasi dengan pihak pengawas pemilu desa dan pihak terkait, saat ini proses perhitungan suara sudah dipindahkan ke lantai dua Mesjid desa setempat.

"Hasil koordinasi yang kami lakukan lokasinya kami pindahkan. Saat ini proses perhitungan suara sudah dipindahkan ke lantai dua mesjid," jawabnya singkat.

Komentar

Loading...