Unduh Aplikasi

Hujan Lebat di Aceh Diperkirakan Bertahan hingga Tiga Hari ke Depan

Hujan Lebat di Aceh Diperkirakan Bertahan hingga Tiga Hari ke Depan
Banjir di Aceh Jaya akibat curah hujan tinggi di kawasan itu. Foto: Hendra Keumala
BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi dalam tiga hari ke depan. Masyarakat diminta untuk tetap mewaspadai dampaknya.

"Hari ini hingga tiga hari ke depan hujan dengan intensitas sedang dan lebat akan terjadi seluruh wilayah di Aceh," kata prakirawan BMKG Blang Bintang, Deddy, kepada AJNN, Rabu (24/8).

Menurut Deddy, hujan lebat diperkirakan terjadi di wilayah tengah dan timur Aceh, seperti Aceh Tengah, Aceh Timur, Gayo Lues dan Bener Meriah.

Sedangkan di pesisir Barat-Selatan, serta kecamatan Lhoong dan Lhok Nga, diperkirakan turun hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

Selain hujan, masyarakat juga diminta mewaspadai angin kencang. Deddy memperkirakan angin bertiup hingga mencapai 60 kilometer per jam. Ini berdampak di Pulau Aceh, Banda Aceh dan Aceh Besar.

Akibatnya, tinggi gelombang di lautan mencapai 2 hingga 3 meter di pesisir Barat Selatan Aceh.

Potensi hujan lebat yang akan terjadi di beberapa daerah tersebut, kata Deddy, dia dilihat dari tinjauan atmosfer ada munculnya potensi hujan lebat.

“Hujan disebabkan pengaruh udara di daerah Samudera Pasifik serta adanya perkumpulan awan di daerah vertikal,” ujar Deddy.

Deddy juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai dampak dari cuaca ekstrim ini. Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Komentar

Loading...