Unduh Aplikasi

Hujan Disertai Angin Kencang, Dua Rumah Warga di Abdya Tertimpa Pohon

Hujan Disertai Angin Kencang, Dua Rumah Warga di Abdya Tertimpa Pohon
Warga sedang membantu membersikan rumah milik M.Nawar yang tertimpa pohon akibat angin kencang. Foto Julida Fisma
ACEH BARAT DAYA - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selama empat jam lebih menyebabkan sejumlah pepohonan tumbang.

Akibatnya, dua rumah warga di Kecamatan Tangan-tangan dan Kecamatan susoh rusak tertimpa pohon. "Akibat hujan deras dan angin kencang tadi siang dua rumah warga tertimpa pohon," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin kepada AJNN Sabtu (12/8) di blangpidie.

Menurut Amirudin, hujan deras disertai angin kecang yang melanda Abdya durasinya tidak begitu lama, namun kedahsyatanya sangat luar biasa. "Tidak begitu lama, dari jam 11.00 WIB hingga 14.00 WIB, tapi membuat pepohonan tumbang di beberapa desa," ujarnya.

Ia mejelaskan, rumah warga yang rusak tertimpa pohon merupakan milik M.Nawar (47) warga Desa Cot Mancang Kecamatan Susoh, dan satu lagi rumah milik Halimaton warga Gampong Mesjid Kecamatan Tangan-tangan. "Kedua rumah warga itu kondisi rusak parah, dibagian atapnya hancur dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu ," imbuhnya.

Selain memimpa rumah warga, satu pohon juga tumbang di atas Jalan Nasional tepatnya Gampong Lhok Pawoeh Kecamatan Manggeng. "Selain rumah, satu pohon juga tumbang di atas jalan, namun tidak menyebabkan kemacetan sebab begitu kejadian kami cepat memperoleh informasi dari warga, tim kita langsung bergerak cepat membersihkan," tuturnya.

Ia berharap kepada warga untuk memberikan laporan secepat kepada BPBK Abdya jika ada, kejadian-kejadian seperti itu, dengan demikian pihaknya bisa langsung turun kelokasi untuk membantu. "Jika ada pohon besar dipingir rumah lebih baik dipotong saja, sebelum menelan korban baik korban harta maupun jiwa," demikian saran Amirudin.

Komentar

Loading...