Unduh Aplikasi

Hujan Deras Terus Terjadi, BMKG Minta Warga Dekat Tebing Waspada

Hujan Deras Terus Terjadi, BMKG Minta Warga Dekat Tebing Waspada
Foto: Net

ACEH BARAT - Hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang masih terus mengancam wilayah barat selatan Aceh hingga tiga hari kedepan. Hal ini disebabkan adanya pertumbuhan awan konvektif atau comolunimbus yakni awan berwarna hitam pekat berbentuk bunga kol.

Masih tingginya intensitas hujan yang terjadi tiga hari kedepan, Badan Metreologi, Klimetologi Dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya mengimbau bagi masyarakat di wilayah tebing untuk berhati-hati selama musim penghujan ini karena rawan longsor.

Prakirawan, BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Yoga Ma'aruf mengatakan pembentukan awan konveksi tersebut disebabkan oleh arus masuk siklonik tepat di wilayah Aceh. Hujan deras dengan intensitas tinggi diperkirakan terjadi sore hingga malam hari.

"Hujan disertai angin kencang dan petir masih terjadi dua hingga tiga hari kedepan, lantaran adanya awan konveksi yang terbentuk disebabkan oleh arus masuk siklonik, jadi adanya masa udara yang membentuk awan-awan tebal berwarna hitam," kata Yoga Ma'aruf.

Dengan kondisi cuaca tersebut, Yoga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang serta petir yang berpotensi terjadi hingga tiga hari kedepan.

Meski demikian, kata dia, untuk gelombang laut yang dipantau melalui citra satelit BMKG setempat masih normal bagi nelayan yang hendak melaut dengan ketinggian gelombang berkisar 2 meter hingga 2,5 meter.

"Untuk tinggi gelombang masih aman melaut karena ketinggiannya dua hingga dua setengah meter, namun yang harus di waspadai angin kencang dan petir," kata dia.

Ia juga mengimbau masyarakat yang bermukim di wilayah dekat tebing atau perbukitan untuk berhati-hati lantaran berpotensi terjadinya longsor, disebabkan oleh hujan deras dengan intensitas tinggi tersebut.

Komentar

Loading...