Unduh Aplikasi

HMI Takengon: Pemekaran Provinsi Merupakan Keharusan, Hilangkan Prasangka Negatif

HMI Takengon: Pemekaran Provinsi Merupakan Keharusan, Hilangkan Prasangka Negatif
Ketua HMI Cabang Takengon, Suyanto. Foto: For AJNN

ACEH TENGAH - Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Takengon, Suyanto mengatakan pemekaran provinsi merupakan sebuah keharusan. Pihaknya mendukung pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA), tapi dengan harapan keinginan ini bukan karena ada kepentingan lain, baik itu proyek multiyears maupun pilkada. 

"Dua hal ini harus dikesampingkan dulu, agar pembentukan provinsi ALA bisa sukses," kata Suyanto, Kamis (24/9).

"Apakah ini kebetulan atau tidak, salah satunya karena proyek multiyears, sehingga semua orang bersuara. Tapi masalah tersebut harus kita pisahkan, jangan sampai setelah Multiyears selesai, wacana pembentukan provinsi ALA juga selesai," tambahnya.

Ia berharap perjuangan pembentukan Provinsi ALA akan terus berlanjut. Menurutnya, "Memerdekakan" wilayah tengah Aceh dan sekitarnya, merupakan cita-cita bersama masyarakat ALA dari sejak dulu, dirinya berharap perjuangan ini cepat selesai dan berhasil.

"Dulu perjuangan ini seringkali terkendala karena kurangnya dukungan pemerintah daerah, tapi kami melihat saat ini hampir semua kepala daerah mendukung rencana ini," ujar Suyanto.

Baca: Respon Ketua DPR Aceh Terkait Wacana Pemekaran ALA

Dengan suasana berbeda dibandingkan dengan perjuangan di masa lalu, dirinya berharap hal ini menjadi jalan baru untuk pembentukan Provinsi ALA. Sebagai bentuk dukungan untuk pembentukan provinsi ALA, pihaknya bersama elemen lain akan mendeklarasikan dukungan untuk pembentukan Provinsi ALA. 

"HMI bersama dengan elemen sipil dan tokoh muda lainnya akan mensosialisasikan pembentukan provinsi baru ini kepada masyarakat luas semampu kami," ujar Suyanto.

Selain itu, dirinya meminta isu miring terkait pembentukan Provinsi ALA harus dihilangkan, kalau tidak, isu ini bisa melemahkan gerakan dan perjuangan mereka. 

"Saya juga berharap perjuangan ini bisa dikawal bersama, apalagi melihat keseriusan dari pimpinan daerah saat ini," katanya.

Komentar

Loading...