Unduh Aplikasi

Hingga Juni 2020, Uang Keluar Capai Rp 152 Miliar Lebih dari BI Lhokseumawe

Hingga Juni 2020, Uang Keluar Capai Rp 152 Miliar Lebih dari BI Lhokseumawe
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Terhitung dari awal Januari hingga Juni 2020, uang arus uang keluar (Outflow) dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe sebesar Rp 152,681 miliar lebih. Angka tersebut, meningkat 527.4 persen dibandingkan bulan Juni 2019.

Sementara arus uang masuk (Inflow) mencapai Rp403,87 miliar atau menurun -13,6 persen dari Juni 2019. Dengan demikian, pada Juni 2020 KPw BI Lhokseumawe mengalami net-inflow sebesar Rp251,19 miliar.

“Nilai outflow di Kas Titipan Bank Indonesia di Takengon yang mencapai Rp42,03 miliar dan terdapat Inflow sebesar Rp69,65 miliar. Berdasarkan kondisi tersebut arus uang kas titipan di Takengon mengalami net-inflow sebesar Rp27,62 miliar,” kata Kepala KPwBI Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo, Rabu (8/4).

Dikatakan Yukon, nilai outflow atau inflow kas titipan Takengon tersebut sudah termasuk dalam hitungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe. Kondisi net-inflow pada Juni 2020 di KPwBI Lhokseumawe dan di Kas titipan Takengon masih sesuai dengan siklus tahunan.

“Dimana di bulan Juni terjadi peningkatan jumlah penyetoran disebabkan adanya arus balik uang dari masyarakat setelah hari raya Idul Fitri. Selain itu terdapat peningkatan transaksi penarikan dibandingkan tahun sebelumnya diduga karena aktivitas masyarakat di Provinsi Aceh sudah mulai berjalan normal,” ungkapnya.

Namun demikian, sambung Yukon, apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi penurunan penyetoran arus balik uang disebabkan adanya penurunan kebutuhan uang di masyarakat selama bulan puasa dan lebaran dibanding tahun sebelumnya yang dipengaruhi oleh pandemik Covid-19.

Komentar

Loading...