Unduh Aplikasi

Hingga Juni 2018, HIV/AIDS di Lhokseumawe Lima Kasus Dua Meninggal Dunia

Hingga Juni 2018, HIV/AIDS di Lhokseumawe Lima Kasus Dua Meninggal Dunia
ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Terhitung dari awal Januari hingga pertengahan Juni 2018. Penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV) Human Immuno Deficiency Virus (AIDS) di Kota Lhokseumawe sebanyak lima kasus. Dua diantaranya meninggal dunia.

“Ada 5 kasus di Lhokseumawe pada hingga pertengahan Juni 2018 ini. Dua diantaranya meninggal dunia,” Kepala Dinas Kesehatan Said Alam Zulfikar melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan (P2P) Helizar kepada AJNN, Kamis (28/6).

Sambungnya, jika terhitung dari tahun 2005 hingga Juni 2018, jumlah total kasus HIV/AIDS tersebut sebanyak 59 kasus. Dan 14 diantaranya meninggal dunia. Namun kita tidak dapat memberitahukan warga mana yang meninggal itu. Sejumlah warga diantaranya yang terjangkit virus tersebut ada di Kecamatan Muara Satu, Muara Dua.

“Penyebab tejangkitnya penyakit tersebut itu karena suka gonta ganti pasangan, dan berhubungan dengan selain istri atau suami sendiri. Setelah itu juga disebabkan karena sering memakai jarum suntik,” ungkapnya.

Helizar menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya melakukan deteksi dini. Karena untuk tes tersebut biayanya gratis, selain itu juga tidak bisa dilakukan pemaksaan oleh orang lain, karena semuanya atas kesadaran sendiri.

Komentar

Loading...