Unduh Aplikasi

INTERMESO

Hijet 1000 Versus Mustang Shelby

Hijet 1000 Versus Mustang Shelby
Ilustrasi: gridoto.com

Tahun lalu, sebuah kisah klasik diperankan oleh Christian Bale dan Matt Damon. Mereka berakting ciamik dalam film tentangusaha dan intrik pabrikan asal Amerika melawan pabrikan asal Itali berjudul Ford Versus Ferrari. Film ini mengisahkan tentang bertapa terhinanya petinggi Ford setelah dipermainkan petinggi Ferrari yang saat itu kehabisan uang untuk pengembangan merek mereka.

Ferrari, perusahaan asal Itali, menawarkan penjualan saham kepada Ford yang saat itu tidak mampu menciptakan supercar setangguh Ferrari. Namun saat kesepakatan hampir dicapai, Ford yang tengah berhasrat ingin membangun perspektif baru ini, lewat reli Le Mans, terpaksa gigit jari.

Ford hanya jadi batu loncatan untuk meningkatkan harga jual kepada Fiat, perusahaan asal Turin, Italia. Kegagalan Ford membuat malu dan memaksa petinggi Ford melakukan sesuatu yang ekstrim untuk bertahan.

Akhirnya, mereka berhasil membangun sebuah kendaraan legenda: Mustang Shelby. Kendaraan ini mengantarkan Ford memenangkan reli Le Mans. Mengalahkan Ferrari lebih dari tiga kali berturut-turut. Sesuatu yang tak terbayangkan oleh petinggi Ferrari saat itu.

Dalam dimensi berbeda, saat ini, kita juga dipertontonkan hal yang sama. Saat para koruptor kewalahan melawan KPK yang bergerak sebagai bak supercar, para koruptor lantas berkolaborasi untuk menjaga agar gerak mereka tak terus menerus dikalahkan.

Betapa tidak, selama ini para koruptor cukup kewalahan. Mulai dari Aceh sampai Papua, hampir tak ada kepala daerah yang tak terjerat kasus. Belum lagi anggota partai politik. Bahkan KPK menciduk banyak menteri dan petinggi lembaga negara.

Serangkaian teror tak membuat jeri para penyidik KPK yang independen. Tak peduli apakah itu teror bom atau teror air keras. Mereka terus melaju. Satu-satunya cara melemahkan KPK adalah dari dalam institusi itu. Para koruptor perlu kuda troya.

Lantas dirancanglah sebuah skenario besar. Dan kini, kita mulai melihat hasilnya. KPK mulai tak bergigi oleh sejumlah regulasi dan ulah oknum komisioner yang setengah hati bertindak. KPK kini terlihat lemah, ragu bertindak, dan tidak konsisten. Mereka seperti kuda yang terikat kereta kencana. 

Namun ini belum akan berakhir. Bangsa ini akan melihat hal-hal baru yang terjadi saat KPK berhadapan dengan para koruptor. Tak seperti dulu, kali ini kita tak akan disuguhi adrenalin seperti saat menyaksikan pertarungan antara Ferrari dan Ford. Ini lebih mirip pertarungan Hijet 1000 versus Mustang Shelby.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...