Unduh Aplikasi

Hidup sehat dari paru-paru yang bersih

Siapa yang tidak tahu dengan bahaya merokok? Pasti semua orang sudah tahu akan bahaya yang didapat bagi para perokok seperti jantung, paru-paru dan kanker. Namun para perokok ini tidak peduli dengan bahaya yang didapatnya nanti karena sudah kecanduan rokok tersebut yang membuatnya tidak dapat berhenti melakukan kebiasaan buruk yaitu merokok. Perokok aktif juga tidak sadar dengan lingkungannya pada saat ia merokok yang menyebabkan perokok pasif juga ikut menghirup asap rokok tersebut, yang menyebabkan paru-paru mereka kotor oleh asap rokok. Dan bisa jadi perokok pasif yang menghirup asap rokok lebih bahaya dibanding dengan perokok aktif. Merokok jelas-jelas tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang-orang sekitarnya yang menghirup asap rokok tersebut.

Merokok sudah menjadi kebiasaan hidup jadi sulit untuk mengubahnya. Mereka (perokok aktif) mampu menghabiskan berpuluh-puluh batang rokok tanpa memikirkan efek jangka panjangnya. Dan kebiasaan buruk inilah yang dapat menimbulkan penyakit. Salah satu jenis pernapasan yang sering mengancam kehidupan perokok adalah paru-paru.

Salah satu dari bahan utama pembuatan rokok adalah nikotin. Nikotin adalah zat kimia dari tembakau yang dapat ketergantungan bagi penghisapnya, nikotin biasa digunakan untuk membunuh serangga. Kebayang kan racun untuk serangga masuk ketubuh kita sangat mengancam kesehatan kita.

Paru-paru yang kotor oleh asap rokok haruslah dibersihkan karena dapat menimbulkan racun dalam tubuh. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan asap rokok.

1. Berhenti merokok adalah hal paling utama yang harus dilakukan untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Karena percuma saja jika berusaha membersihkan paru-paru dari asap rokok dengan segala produk hebal tetapi tetap saja membiasakan diri merokok.

2. Cabai rawit merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru yang sehat karena mengandung gamma tokoferol, yang merupakan jenis vitamin E yang diyakini mampu mengurangi resiko kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok.

3. Minum Segelas jus wortel sebelum mengkonsumsi makanan berat dapat menjadi cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Karena wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, yang juga membantu untuk membersihkan sistem pernapasan.

4. Minum secangkir teh herbal sebelum tidur dalam tiga hari pertama dapat membantu proses pembersihan tubuh dari racun asap rokok. Teh ini dapat menghilangkan racun diusus, yang dapat menyebabkan sembelit. Apa hubungan kegunaan teh herbal ini dengan paru-paru? Karena racun yang dibuang dari paru-paru akan menuju ke usus, di sinilah peran teh untuk membantu mendorong racun dari usus.

5. Olahraga dengan teratur. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan terutama untuk paru-paru. Olahraga juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Olahraga seperti renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan.

6. Mengkonsumsi obat herbal. Obat herbal dapat digunakan untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. Anda dapat memilih berbagai macam produk herbal yang dapat membantu mengeluarkan racun dan lendir pada paru-paru.

7. Mengkonsumsi sayuran. Mengkonsumsi makanan sehat terutama yang organik merupakan salah satu cara untuk memulai hidup sehat dan mencegah dari berbagai macam penyakit.

8. Minum lebih banyak air putih. Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh termasuk juga nikotin yang berada di Nikotin dapat dibersihkan dari tubuh setidaknya 2,3 liter air perhari.

Itulah kedelapan cara membersihkan paru-paru dari asap rokok. Memang tidak mudah untuk melakukan kedelapan cara itu untuk perokok pasif. Jadi semua harus dari kesadaran diri sendiri yang dapat menyadari bahwa kesehatan itu sangat berharga. Dengan menggunakan cara tersebut dapat membantu jaringan baru tumbuh dan menggantikan jaringan lama yang rusak.

Merokok sebenarnya adalah hal yang merugikan. Selain mengancam kesehatan kita, uang yang kita keluarkan untuk merokok pun tidak sedikit. Yang seharusnya uang rokok dapat kita kumpulkan untuk sesuatu yang berharga kini malah kita buang-buang untuk membeli rokok yang hanya menikmati asap yang sesaat dan ditinggalkan di tubuh kita selama jangka waktu yang panjang bahkan sampai bela-belain membeli rokok daripada membeli makan untuk diri sendiri. Belum lagi jika efek merokok sudah berkepanjangan, kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk pengobatan akibat merokok. Padahal sudah sangat jelas rokok sangat menyusahkan diri kita bahkan orang lain baik secara fisik maupun mental tetapi masih saja banyak orang yang mempedulikannya.

Kebanyakan orang (perokok aktif) keliru bahwa menurut pemikirannya hidup tanpa rokok terasa pahit, sehingga pemahaman tersebut tambah melekatnya rokok pada dirinya. Justru hidup dekat dengan rokok membuatnya benar-benar hidup terasa pahit karena efek buruk dari merokok yang berkepanjangan.

Hal ini tentu sangat disadari oleh perokok aktif namun niat untuk mengubah kebiasaan buruk itu (merokok) yang sulit diciptakan dengan alasan yang berbagai macam. Tentu saja alasan terbaik pun tidak membenarkan untuk membiasakan diri merokok.

Mulai dari sekaranglah tanamkan di hati kita untuk hidup sehat, hidup jauh dari asap rokok, agar dapat berubah menjadi kehidupan yang lebih baik lagi, sebelum akhirnya kita terlambat menyesali apa yang sudah terjadi.

DAKWATUNA
iPustakaAceh

Komentar

Loading...