Unduh Aplikasi

Hasil Rapid Test Reaktif, OTG di Pijay Diuji Swab ke Banda Aceh

Hasil Rapid Test Reaktif, OTG di Pijay Diuji Swab ke Banda Aceh
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Salah seorang warga Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya yang dinyatakan reaktif Covid-19 (sebelumnya diberitakan positif corona) berdasarkan hasil rapid test dibawa ke Banda Aceh untuk diuji Swab.

"Pasien kemarin yang dinyatakan positif setelah dilakukan rapid test, atau lebih tepat bahasanya reaktif, telah dibawa ke Banda Aceh untuk dilakukan Swab. Rencananya kami lakukan PCR di Sigli, tapi harus menunggu hari Senin. Namun setelah kami tanyakan ke Banda Aceh bisa hari ini, jadi kami bawa pasien itu ke Banda Aceh, lebih cepat lebih bagus kan," kata Jubir Tim Gugus Covid-19 Pidie Jaya, Edi Azwar yang dikonfirmasi AJNN, Sabtu (30/5).

Sambil menunggu hasil swab, jelas Edi, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berasal dari Kecamatan Bandar Baru itu tetap akan diisolasi di ruang isolasi yang telah disediakan yang terletak di komplek perkantoran Bupati Pidie Jaya.

"Nanti setelah dibawa pulang dari Banda Aceh, sambil menunggu hasil uji swab, yang bersangkutan tetap akan diisolasi di ruang isolasi gedung Tgk Chik Pante Geulima. Kemarin kami juga telah melakukan rapid tes terhadap keluarganya, dan hasilnya semua negatif," jelasnya.

Baca: Hasil Rapid Test, Kernet Bus di Pidie Jaya Positif Corona

Namun jika hasil uji swab nanti  OTG tersebut dinyatakan positif corona, semua keluarga pasien dan orang yang pernah kontak dengannya akan dilakukan rapid test kembali.

Disamping itu, Edi menjelaskan, rapid test itu dilakukan untuk mendeteksi gejala awal virus corona atau Covid-19. Berdasarkan hasil yang diuji terhadap salah seorang yang berprofesi pada angkutan umum itu kemarin, dinyatakan reaktif.

"Kemarin pasien itu ingin membuat surat kesehatan untuk  kembali bekerja, saat dilakukan rapid test hasilnya reaktif," sebut Edi.

Untuk diketahui, hasil uji rapid test hanya untuk mendeteksi gejala awal virus corona. Mereka yang dilakukan rapid test belum tentu positif tapi reaktif. Positif atau tidak baru dapat diketahui setelah diuji PCR atau Swab test.

Komentar

Loading...