Unduh Aplikasi

Hasil Rapid Test Negatif, Tiga Warga Aceh Selatan Pulang dari Malaysia Tetap Diisolasi

Hasil Rapid Test Negatif, Tiga Warga Aceh Selatan Pulang dari Malaysia Tetap Diisolasi
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Tiga warga Aceh Selatan yang baru tiba dari Malaysia pada Minggu, 3 Mei 2020,dinyatakan negatif dari hasil rapid test yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid 19)  Kabupaten Aceh Selatan.

Meski dinyatakan negatif, namun tiga warga Aceh Selatan yang berinisial NI, (23), IR, (21) dan AH, (26) warga Kecamatan Labuhan Haji Barat tersebut, tetap menjalani karantina di posko karantina wilayah milik Pemkab Aceh Selatan yang berada di Desa Panjumpian, Kecamatan Tapaktuan.

Sektaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Cut Sazalisman, mengatakan ketiga warga Kecamatan Labuhan Haji Barat yang selama ini merantau di negeri jiran Malaysia tersebut akan dilihat perkembangannya selama sepekan kedepan.

“Mereka tetap akan kami karantina di posko dan menjalani rapid test ke dua untuk tujuh hari kedepan, karena kami tidak mau kecolongan, apalagi mereka baru pulang dari luar negeri,” kata Cut Sazalisma, Senin (4/5).

Baca: Tim Gugus Covid Aceh Selatan Amankan Empat Warga Aceh yang Pulang dari Malaysia

Dikatakannya penting dilakukan rapid test kedua lantaran secara protokol kesehatan masa inkubasi terjadi dalam rentang waktu 14 hari, dan pada hari ketujuh biasanya mulai menunjukkan gejala.

Karena itu, kata dia, pihaknya tidak mau kecolongan seperti yang terjadi di daerah lain belum lama ini, saat dilakukan rapid test pertama hasilnya negatif, namun saat dilakukan pada hari ketujuh menunjukkan hasi positif.

“Kalau nanti mereka dinyatakan negatif pada tes ke dua tujuh hari, maka akan kami kembalikan ke desa dan keluarga melalui tim gugus tugas desa, dan akan terus kami pantau hingga selesai 14 hari,” ungkapnya.

Komentar

Loading...