Unduh Aplikasi

Hari Meugang, 244 Ekor Sapi dan Kerbau akan Dipotong di Abdya

Hari Meugang, 244 Ekor Sapi dan Kerbau akan Dipotong di Abdya
Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mencatat sebanyak 244 ekor hewan ternak berupa kerbau dan sapi sudah terdaftar pemiliknya yang akan dipotong pada hari meugang bulan Ramadhan nanti.

“Untuk persediaan daging kerbau dan sapi pada meugang puasa nanti Alhamdulillah mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat,” kata Kepala Bidang Peternakan Distanpan, Laili Suheri di Blangpidie, Kamis (8/7).

Menurut Laili, jumlah hewan ternak yang akan dipotong nanti masing-masing 174 ekor kerbau jantan, 56 ekor sapi jantan dan 14 ekor kerbau betina tidak produktif serta 15.300 ekor unggas.

“Semua ternak kerbau, sapi dan unggas yang didaftarkan pada petugas peternakan untuk disembelih pada hari meugang nanti itu tersebr seluruh gampong dalam sembilan kecamatan di Abdya,” ucapnya.

Kata Laili, dari jumlah ternak tersebut, 30 persen hewan itu berasal dari luar Aceh Barat Daya terutama kerbau dan sapi jantan yang berukuran besar.

Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan tim kelokasi untuk memeriksa kesehatan hewan ternak yang akan dipotong pada hari meugang nanti. Sehingga daging yang dikonsumsi oleh masyarakat Abdya terjamin bersih.

“30 persen hewannya berasal dari Banda Aceh dan Medan, dan tim mulai turun ke gampong melakukan pemeriksaan kesehatan ternak yang akan dipotong nanti,” tutupnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...